Indonesia Open 2017

Tontowi/Liliyana Dekati Gelar Juara di Rumah Sendiri

Sabtu, 17 Juni 2017 22:52 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di semifinal Indonesia Open 2017. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di semifinal Indonesia Open 2017.

Tontowi/Liliyana membuka peluang lebih besar untuk meraih gelar juara di negeri sendiri. Peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 ini mengalahkan pasangan Malaysia, Chan Peng Soon/Yen Wei Peck dengan dua set langsung.

Pasangan yang akrab dipanggil Owi/Butet ini memulai laga dengan meyakinkan. Mereka berulang kali memimpin perolehan, meski di beberapa kesempatan, Chan/Yen sempat menyamakan kedudukan.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di semifinal Indonesia Open 2017 Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTTontowi Ahmad/Liliyana Natsir di semifinal Indonesia Open 2017.

Interval set pertama pun menjadi keunggulan Owi/Butet dengan skor 11-9. Selepas jeda, pasangan peringkat sembilan dunia ini semakin tampil menekan. Beberapa kali serangan dari Owi/Butet membuat Chan/Yen salah langkah. Set pertama pun menjadi milik pasangan Indonesia dengan skor lebar, 21-13.

Baca Juga

Memasuki set kedua, Owi/Butet mulai mendapat perlawanan alot. Pasangan Malaysia mampu mengimbangi serangan Owi/Butet dan skor saling berkejaran.

Namun sejak poin 7-7, pasangan Malaysia kembali mulai terdesak. Owi/Butet sukses menambah empat angka beruntun dan Chan/Pen tak bisa mengejar lagi. Owi/Butet unggul jauh hingga 19-12.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di semifinal Indonesia Open 2017 Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTTontowi Ahmad/Liliyana Natsir di semifinal Indonesia Open 2017.

Performa apik Owi/Butet yang sulit ditembus akhirnya membuat pasangan Malaysia kerap melakukan kesalahan sendiri. Dan akhirnya, pukulan yang melebar keluar lapangan dari Chan pun menyudahi pertandingan untuk kemenangan Owi/Butet, 21-13 dan 21-14 dalam tempo 39 menit saja.

Dengan begitu, Tontowi/Liliyana berhak maju ke babak final Indonesia Open 2017 dan masih memiliki peluang besar untuk meraih gelar Indonesia Open pertama mereka.