Australia Open 2017

Ke Babak Final, Hendra/Tan Mengaku Tak Punya Rahasia Sukses

Minggu, 25 Juni 2017 01:06 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Humas PBSI
Hendra Setiawan/Tan Boon Heong di semifinal Australia Open 2017. Copyright: © Humas PBSI
Hendra Setiawan/Tan Boon Heong di semifinal Australia Open 2017.

Hendra Setiawan/Tan Boon Heong mencatat pencapaian tertingginya sejak berpasangan bersama pada akhir tahun lalu. Keduanya sukses melangkah ke babak final Australia Open 2017 usai mengalahkan ganda asal China, Liu Cheng/Zhang Nan.

Sempat kehilangan set kedua, akhirnya Hendra/Tan mampu merebut set penentuan dan menang dengan skor 21-15, 14-21, 21-17 dalam tempo 58 menit.

“Memang lawan mengubah cara main, menjadi lebih lambat. Kami mencoba untuk fokus lagi di game ketiga dan kami terus menyerang,” ujar Tan setelah pertandingan.

© Humas PBSI
Hendra Setiawan/Tan Boon Heong di semifinal Australia Open 2017. Copyright: Humas PBSIHendra Setiawan/Tan Boon Heong di semifinal Australia Open 2017.

“Kami tidak berpikir soal hasil, yang penting kami kerja keras dan mencoba yang terbaik di setiap turnamen. Menjadi pemain profesional dengan partner beda negara bukan berarti tekanannya lebih sedikit, kami pun memberi tekanan pada diri kami sendiri supaya kami lebih semangat,” jelas Tan.

Baca Juga

Ini adalah kali kedua Hendra membawa partner beda negara ke partai puncak. Pada ajang Indonesia Open 2010, Hendra yang bermain ganda campuran bersama Anastasia Russkikh (Rusia), juga lolos ke final dan dikalahkan Robert Mateusiak/Nadiezda Zieba (Polandia), dengan skor 18-21, 20-22.

Di awal berpasangan, Hendra/Tan memang sempat mengalami kesulitan, terutama dalam meningkatkan kekompakan, kekuatan fisik serta menyiasati jadwal latihan karena ia berdomisili di Jakarta, sedangkan Tan di Kuala Lumpur. Namun berkat kemauan dan pantang menyerah, keduanya berhasil membuka peluang untuk mencetak gelar juara.

Bagi Tan, ini adalah laga final Super Series pertamanya sejak tahun 2013, saat ia berpasangan dengan Koo Kien Keat (Malaysia). Kala itu ia dan Koo dikalahkan Marcus Fernaldi Gideon/Markis Kido di French Open Super Series 2013. Sedangkan Hendra mencapai final Super Series terakhir bersama Mohammad Ahsan waktu menjuarai Final Super Series 2015.

© Humas PBSI
Hendra Setiawan/Tan Boon Heong di semifinal Australia Open 2017. Copyright: Humas PBSIHendra Setiawan/Tan Boon Heong di semifinal Australia Open 2017.

“Tidak ada rahasia apa-apa, memang semuanya butuh proses, kan nggak bisa berpasangan dan langsung juara. Dulu saya pernah juara, Tan juga pernah juara, tetapi sekarang kan berpasangan lagi dan penyesuaian lagi. Untuk kami, yang penting kerja keras,” beber Hendra ketika ditanya soal rahasianya dan Tan lolos ke laga puncak.

Di final, Hendra/Tan akan berhadapan dengan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dari Jepang. Ini adalah pertemuan perdana kedua pasangan ini. “Besok adalah langkah terakhir, kami harus fight untuk juara,” tambah Tan.