SEA Games 2017

Hadapi Indonesia, Malaysia Akan Manfaatkan Dukungan Tuan Rumah di SEA Games

Senin, 10 Juli 2017 13:58 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

Hasil undian cabang olahraga bulutangkis beregu SEA Games telah didapatkan pada Sabtu (08/07/17) lalu. Malaysia yang berstatus sebagai tuan rumah, menjadi unggulan kedua di nomor beregu putra. Tergabung bersama Singapura, Myanmar, dan Laos, Malaysia percaya diri bisa ke babak final dengan mudah.

Di babak pamungkas, barulah mereka mendapat tantangan sebenarnya dengan melawan Thailand atau Indonesia yang akan bertarung lebih dulu di semifinal.

© Twitter/Kuala Lumpur 2017
Undian bulutangkis beregu putra SEA Games 2017. Copyright: Twitter/Kuala Lumpur 2017Undian bulutangkis beregu putra SEA Games 2017.

Sekjen Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM), Datuk Ng Chin Chai, mengakui bahwa timnya mendapat keuntungan dari hasil undian. Ia juga yakin  Iskandar Zulkarnain Zainuddin dkk mampu meraih emas di nomor putra.

"Hasil undian menjadi pertanda baik untuk tim putra dan putri untuk mempersembahkan yang terbaik. Tak ada keraguan, Thailand akan mengirimkan pemain terbaik mereka untuk beregu putra, tetapi kami punya peluang bagus untuk ke final dan merebut medali emas," beber Datuk Ng seperti yang disampaikan di laman resmi SEA Games 2017.

Baca Juga

Di atas kertas, Indonesia yang berstatus unggulan pertama dan juara bertahan, bisa bertemu Malaysia di babak final. Selain diprediksi bisa melangkah mulus ke final, Malaysia akan memanfaatkan dukungan suporter tuan rumah sebagai motivasi mereka dalam berjuang.

"Kami akan punya keuntungan karena menjadi tuan rumah di SEA Games dan dukungan para suporter akan memotivasi kami untuk meningkatkan permainan kami, terutama saat melawan Indonesia," tutur tunggal putra 19 tahun, Nur Izzuddin Rumsani, kepada The Star.

© Herry Ibrahim/Indosport
Lee Chong Wei Copyright: Herry Ibrahim/IndosportLee Chong Wei tak akan turun di SEA Games 2017.

Kepercayaan diri tinggi para pemain muda Malaysia ini menjadi motor untuk mengeluarkan permainan mereka, meski tanpa didampingi para pemain seniornya seperti Lee Chong Wei dan Goh V Shem/Tan Wee Kiong.

Selain Iskandar dan Izzuddin, skuat Malaysia di SEA Games akan berisikan Lee Zii Jia, Soong Joo Ven, Lim Chi Wing (tunggal), Teo Ee Yi-Ong Yew Sin, Chan Peng Soon, dan Goh Soon Huat (ganda).

Sementara di nomor putri, Malaysia diprediksi akan bertemu Indonesia di babak semifinal. Skuat putri yang mereka turunkan adalah Goh Jin Wei, Soniia Cheah, Lee Ying Ying, Lim Yin Fun, Vivian Hoo-Woon Khe Wei, Chow Mei Kuan-Lee Meng Yean, Cheah Yee See, dan Shevon Lai.