SEA Games 2017

Ganda Putri Indonesia Ditargetkan ke Semifinal SEA Games

Selasa, 8 Agustus 2017 19:47 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/Indosport.com
Greysia Polii dan Apriani Rahayu. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport.com
Greysia Polii dan Apriani Rahayu.

Dua pasangan pebulutangkis di nomor ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriani Rahayu dan Rosyita Eka Putri Sari/Ni Ketut Mahadewi Istarani yang akan bertanding SEA Games 2017, diberikan target oleh pelatih untuk mencapai babak semifinal.

Pelatih ganda putri Indonesia, Eng Hian, mengaku memberikan target itu setelah melihat dan mempertimbangkan kekuatan lawan seperti Thailand dan tuan rumah, Malaysia.

"Untuk target, saya maunya lebih baik dari sebelumnya, tetapi sebagai pelatih tentu kami mau membuat suasana lebih positif. Jadi paling tidak kita mengamankan target semifinal yang realistis," ujar Eng Hian di Jakarta seperti dilansir dari Antara.

© Humas PBSI
Della Destiara Haris/Rosyita Eka Putri Sari di babak pertama Malaysia Open SSP 2017. Copyright: Humas PBSIDella Destiara Haris/Rosyita Eka Putri Sari di babak pertama Malaysia Open SSP 2017.

"Kenapa kami pasang semifinal dulu, karena jika dilihat kemungkinan wakil Indonesia akan menghadapi unggulan-unggulan satu hingga empat mulai putaran perempatfinal. Jadi bagi wakil-wakil kita, mesti ada perjuangan dulu sebelum masuk ke semifinal," sambungnya.

Pada SEA Games 2017 ini, induk bulutangkis Indonesia diberi target tiga medali emas oleh pemerintah. Sekjen PBSI, Achmad Budiharto menjelaskan ada empat pasangan yang telah disiapkan untuk meraih medali emas di SEA Games pada Agustus mendatang. Empat pasangan itu berasal dari nomor ganda putra dan ganda campuran serta beregu putra.

"Kita harap sektor beregu putra semoga bisa pertahankan gelar. Selain itu ada pasangan ganda putra Berry Anggriawan/Hardianto dan Fajar Alfian/Rian Agung Saputro, serta ganda campuran Hafiz Faisal/Shela Devi Aulia dan Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja yang bisa diandalkan," tutur Achmad beberapa waktu lalu.

Pertandingan bulutangkis di SEA Games 2017 sendiri akan berlangsung pada 23-30 Agustus 2017 di Putra Indoor Stadium, Bukit Jalil. Saat ini sudah ada 527 atlet Indonesia yang sudah siap diberangkatkan.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja di babak pertama Indonesia Open 2017. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTEdi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja di babak pertama Indonesia Open 2017.

Jika mampu memenuhi target tiga medali emas, maka PBSI akan mengulang prestasi pada SEA Games sebelumnya yakni di tahun 2015. Saat itu Indonesia sukses menyabet tiga medali emas dari sektor ganda putra (Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi), ganda campuran (Praveen Jordan/Debby Susanto), dan beregu putra.

Perubahan dilakukan di materi pemain beregu putra. Muhammad Bayu Pangisthu gagal diberangkatkan karena masih belum fit setelah terserang diare pekan lalu dan PBSI menggantinya dengan Panji Ahmad Maulana.

Berikut skuat bulutangkis Indonesia di ajang SEA Games 2017:
Beregu putra: 
Jonatan Christie, Ihsan Maulana Mustofa, Panji Ahmad Maulana, Firman Abdul Kholik, Berry Angriawan, Hardianto, Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto, Hafiz Faisal, dan Edi Subaktiar.

Beregu putri: 
Fitriani, Dinar Dyah Ayustine, Hanna Ramadini, Gregoria Mariska Tunjung, Greysia Polii, Apriani Rahayu, Rosyita Eka Putri Sari, Ni Ketut Mahadewi Istarani, Shela Devi Aulia, dan Gloria Emanuelle Widjaja.

Tunggal putra: Jonatan Christie, Ihsan Maulana Mustofa
Tunggal putri: Fitriani, Gregoria Mariska Tunjung.
Ganda putra: Berry Angriawan/Hardianto, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.
Ganda putri: Greysia Polii/Apriani Rahayu, Rosyita Eka Putri Sari/Ni Ketut Mahadewi Istarani.
Ganda campuran: Hafiz Faisal/Shela Devi Aulia, Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja.