Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2017

Kejutan! Lee Chong Wei Tersingkir di Babak Pertama Kejuaraan Dunia

Selasa, 22 Agustus 2017 20:57 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Lanjar Wiratri/Indosport
Lee Chong Wei. Copyright: © Lanjar Wiratri/Indosport
Lee Chong Wei.

Kejutan langsung terjadi di babak pertama Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2017 yang berlangsung di Glasgow, Skotlandia. Tunggal putra andalan Malaysia, Lee Chong Wei, langsung tersingkir di babak pertama setelah berjuang dalam pertarungan yang berlangsung satu jam 15 menit ini.

Lee takluk dari pebulutangkis peringkat 31 dunia asal Prancis, Brice Leverdez. Padahal dari tujuh pertemuan sebelumnya, Lee selalu menang dan hanya satu laga yang butuh rubber set.

Dari set pembuka, kedua pemain saling serang dan mengejar perolehan. Namun perolehan skor Lee berhenti di poin ke-19 dan Leverdez pun memenangkan set pertama dengan skor 21-19. Di awal set kedua, performa pebulutangkis nomor dua ini tak kunjung membaik dan sempat tertinggal 6-11.

Lee mampu mengejar hingga kedudukan 18-18 dan sukses memaksa rivalnya mencapai deuce. Lee nyaris menyerahkan set kedua ini kepada Leverdez, tetapi masih terselamatkan challenge yang membuatnya merebut set kedua dengan skor ketat, 24-22.

Memasuki set penentuan, kedua pemain ini kembali saling mengejar poin. Bahkan keduanya imbang hingga 15-15. Namun penampilan Lederdez yang lebih konsisten membuatnya merebut kemenangan dengan skor akhir 21-19, 22-24, dan 21-17.

© Herry Ibrahim/Indosport
Lee Chong Wei Copyright: Herry Ibrahim/IndosportLee Chong Wei.

Dengan hasil ini, Lee lagi-lagi harus menelan kekecewaan setelah ambisinya tahun ini untuk menjadi juara dunia tak tercapai. Meski pernah cukup lama berstatus pemain nomor satu dunia dan meraih puluhan gelar Super Series, pemain 34 tahun ini belum mampu melengkapi koleksi gelar juara olimpiade dan kejuaraan dunia.

Di kejuaraan dunia, Lee tercatat baru pernah meraih satu medali perunggu pada 2005 silam dan tiga medali perak (2011, 2013, dan 2015).

Dengan tersingkirnya Lee Chong Wei, peluang pemain China, Chen Long dan pemain Indonesia, Sony Dwi Kuncoro, semakin besar untuk mencapai perempatfinal.