SEA Games 2017

Jonatan Gasak Iskandar, Indonesia Ungguli Malaysia 1-0

Kamis, 24 Agustus 2017 15:24 WIB
Editor: Ramadhan
© HUMAS PBSI
Jonatan Christie di Piala Thomas dan Uber 2016. Copyright: © HUMAS PBSI
Jonatan Christie di Piala Thomas dan Uber 2016.

Tim bulutangkis putra Indonesia sementara unggul 1-0 atas Malaysia pada laga final SEA Games 2017 yang berlangsung di Axiata Arena. Kemenangan pertama diraih tunggal andalan Merah Putih, Jonatan Christie atas Iskandar Zulkarnain, dalam dua game langsung, 21-18, 21-17.

Meskipun menang dua game langsung, namun Jonatan harus melewati duel sengit di mana ia dan Iskandar terus kejar-kejaran angka. Di game pertama, Jonatan unggul 17-14, namun Iskandar mulai mendekat dan akhirnya menyamakan kedudukan 17-17.

© PBSI
Jonatan Christie dikalahkan wakil China, Lin Dan. Copyright: PBSIJonatan Christie dikalahkan wakil China, Lin Dan.

Jonatan yang hari ini bermain dengan tenang, tampil konsisten dan sabar. Serangan-serangannya dihasilkan dari ‘olahan’ arah bola yang sudah direncanakannya dengan matang.

Iskandar pun tak dapat berbuat banyak, pemain yang terkenal dengan permainan agresif ini pun sulit menembus pertahanan Jonatan.

© Humas PBSI
Jonatan Christie di ajang Piala Sudirman 2017. Copyright: Humas PBSIJonatan Christie di ajang Piala Sudirman 2017.

“Saya sudah mempelajari video permainan lawan waktu dia berhadapan dengan Lee Chong Wei, dan permainannya bagus sekali. Saya sudah bersiap untuk bermain hingga tiga game, meskipun hari ini menang dua game, tetapi perolehan poinnnya ketat,” jelas Jonatan Christie dalam rilis resmi PBSI yang diterima INDOSPORT.

“Iskandar adalah pemain yang lebih senior dari saya dan dia punya pengalaman yang lebih banyak dari saya,” tandasnya.

“Tetapi hari ini saya merasa siap di lapangan, beberapa tahun belakangan kami (tim tunggal putra) dikirim ke turnamen level super series dan sekarang terbukti hasilnya mental kami lebih terasah,” lanjut pemain yang akrab disapa Jojo itu.

© HUMAS PBSI
Aksi Jonatan Christie di Piala Thomas dan Uber 2016. Copyright: HUMAS PBSIAksi Jonatan Christie di Piala Thomas dan Uber 2016.

“Tadi rasanya senang sekali bisa memberikan angka pertama untuk tim Indonesia. Kami kan bertamu di Malaysia dan berhadapan dengan tuan rumah, poin pertama sangat penting untuk kami,” ungkap Jonatan saat ditanya soal selebrasinya usai pertandingan.

Saat berita ini diturunkan, di partai kedua tengah bertanding pasangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melawan Ong Yew Sin/Ee Yi Teo. Pada set pertama, Fajar/Rian sukses unggul dengan skor 21-12.