Kalah Dua Set, Ahsan/Rian Raih Medali Perak

Senin, 28 Agustus 2017 01:20 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Humas PBSI
Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro saat melawan Liu Cheng/Zhang Nan. Copyright: © Humas PBSI
Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro saat melawan Liu Cheng/Zhang Nan.

Salah satu ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro, bersua dengan pasangan ganda putra China, Liu Cheng/Zhang Nan, dalam partai puncak kejuaraan BWF World Championship 2017. Sayang pasangan Tanah Air ini takluk dalam dua set langsung.

Di set pertama, Ahsan/Rian harus mengakui ketangguhan Liu/Zhang. Hal ini tak lepas dari tekanan yang diberikan oleh ganda putra China tersebut sejak menit awal. Alhasil, peringkat delapan dunia itu dengan mudahnya berhasil mengalahkan wakil Tanah Air dengan skor yang sangat jauh, 21-10.

Di set kedua, Ahsan/Rian mulai menunjukkan perlawanan. Walau sempat tertinggal 9-11, pasangan Tanah Air ini terus mencoba mengejar ketertinggalan dengan memanfaatkan beberapa kesalahan yang dilakukan oleh pasangan China.

Namun, kualitas serta ranking dunia memang tidak bisa membohongi. Pasalnya, Indonesia kembali menelan kekalahan di set kedua dengan skor 17-21, setelah Liu/Zhang bermain ngotot dengan pukulan-pukulan keras yang mengarah ke tubuh pasangan ganda putra Indonesia.

© Humas PBSI
Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro saat melawan Li Junhui/Liu Yuchen. Copyright: Humas PBSIMohammad Ahsan/Rian Agung Saputro.

Dengan begini, pasangan ganda putra China ini berhasil menjadi jawara baru BWF World Championship, setelah sebelumnya pada tahun 2015 dimenangkan oleh pasangan Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Walau mengalami kekalahan, pasangan Ahsan/Rian patut diapresiasi. Hal ini tak lepas dari keberhasilan mereka untuk terus melaju hingga partai final, mengingat pasangan ini bukanlah pasangan unggulan Indonesia.