BWF World Junior Championship 2017

Jadi Juara Umum Kejuaraan Dunia Junior, Indonesia Cetak Sejarah Baru

Senin, 23 Oktober 2017 19:04 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© Humas PBSI
Podium tunggal putri World Junior Championships 2017. Copyright: © Humas PBSI
Podium tunggal putri World Junior Championships 2017.

Induk federasi bulutangkis Indonesia, PBSI, sangat semringah atas prestasi yang ditorehkan pebulutangkis muda Indonesia yang berhasil menjadi juara umum di ajang BWF World Junior Championship 2017.

Indonesia memastikan diri menjadi peraih medali terbanyak di nomor perorangan. Setidaknya sebanyak lima medali berhasil diraih pebulu-pebulutangkis muda tanah air.

© Humas PBSI
Gregoria Mariska Tunjung meraih medali emas World Junior Championships 2017. Copyright: Humas PBSIGregoria Mariska Tunjung meraih medali emas World Junior Championships 2017.

Dua keping emas diperoleh dari nomor ganda campuran Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari, dan tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung. Sementara dua medali perak dari ganda putri Jauza Fadhila Sugiarto/Ribka Sugiarto dan ganda campuran Rehan Naufal/Siti Fadia. Satu medali perunggu Indonesia dari ganda putra Rinov Rivaldy yang berpasangan dengan Yeremia Erich Yoche Yacob.

Torehan ini membuat PBSI puas diri. Hal ini seperti diutarakan Achmad Budiarto selaku Sekjen PBSI.

"Saya kira keberhasilan Indonesia kemarin dapat 2 emas 2 perak dan 1 perunggu harus kita syukuri karena hasil ini sejarah baru buat kita," ucap Achmad Budiarto kepada INDOSPORT, Senin (23/10/17).

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
BWF World Junior Championship 2017. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTBWF World Junior Championship 2017.

Bukan tanpa alasan bagi Budiarto Indonesia menorehkan sejarah. Terlebih Indonesia meraih medali emas di nomor tunggal putri yang terakhir diraih tahun 1992 silam.

"Kita dapat gelar juara di tunggal putri yang sudah lama kita tunggu. Semoga gelar ini dapat menjadi momentum PBSI untuk bisa lebih bergairah lagi di turnamen berikutnya," tutup Budiarto.