Tommy Sugiarto Pastikan 1 Wakil Indonesia di Final Korea Open 2018

Jumat, 28 September 2018 14:36 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Humas PBSI
Tommy Sugiarto, pebulutangkis Indonesia. Copyright: © Humas PBSI
Tommy Sugiarto, pebulutangkis Indonesia.

INDOSPORT.COM - Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Tommy Sugiarto, berhasil mematahkan perlawanan dari wakil tuan rumah, Heo Kwang Hee di babak perempatfinal Korea Open 2018 hari ini, Jumat (28/09/18).

Sempat tertinggal di game pertama, Tommy berhasil membuka peluang dengan rubber game dan mencapai hasil akhir 15-21, 21-19, 21-9.

Capaian ini membuat pebulutangkis 30 tahun tersebut melaju ke babak semifinal dan melawan wakil Indonesia lainnya yang sudah lebih dulu menggenggam tiket semifinal, Jonatan Christie.

Positifnya, pertemuan tersebut memastikan bahwa akan ada satu wakil Indonesia di sektor tunggal putra pada partai final Korea Open 2018.

Dalam pertandingan di babak perempatfinal, Tommy Sugiarto bermain tidak fokus di menit awal, terlebih saat tertinggal 1-5 atas Kwang Hee. Selanjutnya, wakil Korea itu mendominasi poin dan mencapai keunggulan 4-11.

Berada di atas angin, Kwang Hee memperlambat tempo permainan, sementara Tommy justru semakin on fire. Wakil Indonesia itu pun mampu menyamakan kedudukan menjadi 15-15.

Sayangnya skor Tommy tertahan di angka 15, sehingga game pertama dituntaskan dengan skor 15-21.

Memasuki babak kedua, Tommy mencoba mengimbangi tempo serangan Kwang Hee. Sempat tertinggal 2-4, Tommy melesakkan beberapa pukulan kuat yang mampu membalikkan kedudukan menjadi 6-5. Tak lama, skor melebar menjadi 9-5.

Turun minum, Tommy menahan Kwang Hee pada poin 13-8. Sementara wakil Korea itu pun memanfaatkan kesempatan untuk membaca strategi dan kembali ke performa terbaiknya hingga mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 15-14.

Perolehan poin semakin mengetat saat keduanya mampu mengemas skor 19-19. Namun Dewi Fortuna masih berpihak pada Tommy, skor akhir 21-19 yang memberikan kesempatan pada Tommy untuk bermain rubber game.

Set ketiga, Kwang Hee cukup kewalahan sementara Tommy masih memiliki cukup tenaga untuk melakukan pukulan-pukulan cepat dan kuat.

Skor dibuka pada angka 2-3 untuk keunggulan Kwang Hee, yang kemudian dibalikkan oleh Tommy menjadi 7-3. Wakil Indonesia semakin mendominasi hingga memperlebar jarak poin menjadi 15-7.

Kwang Hee telah mampu memprediksi kekalahannya di babak ini. Ia menurunkan tempo permainan dan menyerah dengan perlawanan Tommy. Skor akhir 21-9 untuk keunggulan wakil Merah Putih.

Dengan hasil akhir ini, Tommy dipastikan melaju ke babak semifinal yang dihelat pada besok Sabtu (29/09/18). Ia akan menghadapi rekan senegaranya, Jonatan Christie dan menjaga peluang Indonesia untuk melaju ke babak final Korea Open 2018.

Penulis: Martini

Ikuti Terus Berita Sport dan Sepak Bola hanya di INDOSPORT