Kanker Hidung, Lee Chong Wei Masih Targetkan Tampil di Olimpiade Tokyo 2020

Sabtu, 10 November 2018 12:55 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Reuters
Lee Chong Wei. Copyright: © Reuters
Lee Chong Wei.

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis asal Malaysia, Lee Chong Wei,  menyatakan bahwa ia akan kembali bertanding dan bersikeras tak memiliki niat untuk pensiun usai didianogsis memiliki penyakit kanker hidung.

Chong Wei mengatakan ia bisa melanjutkan pelatihan pada awal bulan depan dan menargetkan comeback di All England Open pada Maret 2019, seperti yang dikutip dari laman Malay Mail.

Mantan pebulutangkis nomor satu di dunia itu kembali dari perawatan medis di Taiwan pada bulan lalu. Ia mengungkapkan bermain di Olimpiade Tokyo 2020, merupakan impiannya saat ini yang akan menjadi Olimpiade musim panasnya yang kelima.

© Simon Cooper via Getty Images
Lee Chong Wei saat tampil di ajang All England 2017. Copyright: Simon Cooper via Getty ImagesLee Chong Wei saat tampil di ajang All England 2017.

“Saya menyelesaikan semua perawatan saya dan telah pulih dengan sangat baik. Saya ingin segera bertanding dan tidak akan pensiun. Saya pikir lolos untuk Olimpiade Tokyo seharusnya tidak menjadi masalah bagi saya," kata Chong Wei.

"Saya hanya mencoba yang terbaik karena saya mencintai negara saya dan saya suka badminton," katanya. Jika kondisi saya baik, saya akan melanjutkan. Jika saya tidak bisa, saya akan berhenti.”

Namun pemain itu mengakui bahwa jika kesehatannya tidak cukup membaik, ia mungkin harus menggantung raketnya. “Jika kondisi saya baik, saya akan melanjutkan. Jika saya tidak bisa, saya akan berhenti. ”

Ayah dua anak itu mengumumkan dianogsis kanker hidung stadium awal secara mengejutkan pada Sepetember 2017, dan sempat mengalami setres di mana ia menangis dan kehilangan berat badannya secara signifikan.

"Saya menangis selama seminggu, tidak bisa makan, tidak bisa tidur, kehilangan berat badan 5 kg. Ini adalah masa tersulit dalam hidup saya. Tapi saya mendapat dukungan dari orang-orang yang saya cintai untuk terus bertarung,” paparnya.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM