3 Rekor Ini Bukti Liliyana Natsir adalah Ratu Bulutangkis Indonesia

Minggu, 27 Januari 2019 11:36 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Badmintonindonesia
Liliyana Natsir. Copyright: © Badmintonindonesia
Liliyana Natsir.

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis Indonesia, Liliyana Natsir, akan pensiun setelah ajang bulutangkis bergengsi BWF, Indonesia Masters 2019. Berkarier sejak 2002, Liliyana telah mengukir sejumlah rekor yang membuatnya layak disebut sebagai salah satu pemain bulutangkis putri terbaik di Indonesia.

Liliyana akan menjalani laga terakhirnya sebagai pemain profesional di final Indonesia Masters 2019. Sebelumnya, bakal ada acara farewell atau perpisahan untuk Liliyana pada pukul 12.00 WIB selama 45 menit.

Butet, sapaan akrab Liliyana, mengaku tegang menghadapi acara perpisahannya. Namun demikian, ia akan tetap menikmati di momen besarnya itu sebelum melawan pasangan nomor satu dunia asal China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong.

“Jujur saya tegang untuk acara farewell, karena ini yang pertama kali. Kalau nggak tanding lebih tegang, kalau tanding bisa lebih enjoy, mudah-mudahan bisa memberikan yang terbaik,” ujar Liliyana seperti dilansir dari laman resmi PBSI.

Sebagai pebulutangkis putri Indonesia, Liliyana telah memenangkan banyak gelar. Ia bisa dibilang menjadi srikandi badminton terbaik yang dimiliki oleh bangsa ini.

Sebagai bukti, Liliyana merupakan pebulutangkis tersukses Indonesia di ajang Kejuaraaan Dunia Bulutangkis (BWF World Championship). Liliyana masuk jajaran 8 pebulutangkis berprestasi di gelaran tersebut dengan raihan 4 gelar.

Selain itu, Liliyana juga menjadi pebulutangkis yang paling banyak meraih gelar di sektor ganda campuran pada ajang Piala Dunia-nya bulutangkis tersebut. Empat gelar juaranya ia raih 2 kali bersama Nova Widianto (2005, 2007) dan Tontowi Ahmad (2013, 2017).

Liliyana juga sukses menyamai pencapaian Susy Susanti di ajang Olimpiade. Ia sukses menjadi wanita kedua yang meraih emas Olimpiade di cabang bulutangkis setelah menang di Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Di nomor ganda campuran, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir juga menjadi pasangan Indonesia pertama yang meraih medali emas Olimpiade.

Ikuti Terus Berita Indonesia Masters 2019 dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM