3 Langkah Pemanasan yang Tepat Sebelum Main Bulutangkis

Rabu, 27 Februari 2019 19:56 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menghancurkan pasangan duo Jerman, Mark Lamsfuss/Marvin Seidel bisa merebut gelar juara Indonesia Masters dari tangan The Minions. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menghancurkan pasangan duo Jerman, Mark Lamsfuss/Marvin Seidel bisa merebut gelar juara Indonesia Masters dari tangan The Minions.

INDOSPORT.COM – Olahraga bulutangkis memang kerap dimainkan banyak orang. Selain relatif mudah dilakukan, bulutangkis juga dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar, bisa menghilangkan stres dan memberi ketangkasan yang lebih pada tangan.

Tetapi jika langsung melakukan olahraga bulutangkis tanpa melakukan pemansan, maka dapat menyebabkan terjadinya cedera otot dan sendi. Pemanasan juga juga perlu dilakukan sebelum bermain bulutangkis agar meningkatkan kecepatan dan kekuatan otot.

Seperti yang dilansir situs Masterbadminton.com, berikut adalah tiga langkah pemanasan yang tepat sebelum main bulutangkis.

Hangatkan Tubuh dan Tingkatkan Detak Jantung

Untuk meningkatkan detak jantung Anda, lakukan latihan yang membutuhkan gerakan dari seluruh bagian tubuh. Ada banyak cara untuk melakukanya, di antaranya yakni berlari kecil di sekitar lapangan dan juga bisa latihan lompat dengan alat skipping.

Lakukan dua langkah itu dengan durasi sekitar dua sampai tiga menit untuk meningkatkan detak jantung Anda. Pada akhir latihan, tubuh akan terasa lebih hangat dan jantung Anda akan berdetak lebih cepat.

Meregangkan Otot

Saat tubuh mulai terasa hangat, lakukan beberapa latihan peregangan untuk melemaskan otot-otot Anda. Latihan peregangan otot bisa membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh dan meminimalisir kemungkinan cedera.

Latihan peregangan otot hanya bisa dilakukan setelah tubuh Anda terasa lebih hangat, karena itu sangat penting bagi Anda untuk melakukan langkah yang pertama untuk menghangatkan dan meningkatkan detak jantung anda. Lakukan peregangan otot sekitar 10 menit.

Latihan Memukul

Selanjutnya, lakukan beberapa pukulan di lapangan bulutangkis bersama teman Anda untuk merasakan permainan dan juga untuk memaksimalkan kinerja selama pertandingan.

Manfaatkan sesi latihan ini untuk membuat Anda nyaman di atas lapangan. Latihan memukul sebelum bermain bulutangkis sangat penting untuk membantu Anda mencapai performa terbaik.

 Sambil melakukan latihan bulu tangkis dengan teman, Anda juga bisa melakukan beberapa cara seperti memukul kok dengan tangan kanan, posisi dari sebelah kiri (Backhand) dan memukul menggunakan tangan kanan dari arah kanan (Forehand), merubah ke beberapa gaya memukul, melakukan smash dan sedikit maju ke depan untuk melatih pukulan net.

Lakukan sekitar lima sampai sepuluh menit latihan memukul tadi hingga mencapai performa terbaik anda.

Penulis: Risto Risanto

Terus Ikuti Tips dan Trik Seputar Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%