Hasil Pertandingan Semifinal Badminton Asia Mixed Team Championships 2019: Indonesia Tumbang

Sabtu, 23 Maret 2019 15:06 WIB
Penulis: Ridi Fadhilah Khan | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM- Berhadapan langsung dengan Jepang di Semi final Badminton Asia Mixed Team Championships 2019, Indonesia gagal melaju ke final, setelah tiga wakil Indonesia di sektor ganda putra, tunggal putri dan tunggal putra, tak mampu mengatasi perlawanan wakil Jepang, Sabtu (23/03/19).

Di laga pertama yang mempertemukan ganda putra, Sabar Karyaman Gutama/Frengky Wijaya Putra, tak mampu mengatasi perlawanan pasangan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, melalui pertandingan singkat dua set, 11-21 dan 18-21.

Pada pertandingan ini, Sabar/Frengky sejatinya sempat memberikan perlawanan sengit untuk ganda putra Jepang, khususnya di set kedua saat mereka memimpin hingga 14-10. Akan tetapi, kematangan pasangan asal Negeri Sakura ini tak mampu diimbangi oleh Sabar/Frengky. Indonesia pun tertinggal 1-0 atas Jepang.

Alih-alih menyamakan kedudukan melalui sektor tunggal putri, langkah Indonesia menuju final justru semakin berat setelah Ruselli Hartawan harus takluk dari Sayaka Takahashi melalui pertandingan cepat dua set, 15-21 dan 15-21.

Walaupun Ruselli sudah mengerahkan seluruh kemampuannya hingga harus jatuh bangun, wakil Indonesia di sektor tunggal putri tersebut tak mampu mengimbangi pebulutangkis Jepang tersebut.

Asa Indonesia melajut ke final Badminton Asia Mixed Team Championships 2019 pun ditentukan pada pertandingan tunggal putra, yang mempertemukan wakil Indonesia, Shesar Hiren Rhustavito melawan Kanta Tsuneyama.

Pada pertandingan ini, kedua pebulutangkis tersebut berhasil memberikan pertandingan yang menarik. Balas membalas angka menghiasi pertandingan yang berlangsung tiga set tersebut.

Di set pertama, Rhustavito harus mengakui keunggulan Kanta dengan skor 21-15. Tak ingin menyerah begitu saja, wakil Indonesia tersebut berhasil mengembalikan kedudukan di set kedua dengan skor 17-21.

Pertandingan ini pun semakin menjadi-jadi saat memasuki set ketiga, atau set penentu. Kejar-mengejar angka tak terhindarkan lagi. Sempat tertinggal 4-5, Rhustavito berhasil mengembalikan skor menjadi 11-7.

Sayang, setelahya Kanta berhasil membalikan kedudukan dan menjauh dari kejaran wakil Indonesia tersebut. Bahkan, jarak antara keduanya pun mencapai tujuh poin, dan pada akhirnya Kanta menutup set terakhir tersebut dengan skor 15-20.

Dengan kekalahan yang dialami oleh Rhustavito ini, langkah Indonesia melaju ke final Badminton Asia Mixed Team Championships 2019 harus sirna, mengingat format pertandingan yang digunakan adalah best of three dari lima pertandingan.

Terus Ikuti Update Bulutangkis Lainnya Hanya di INDOSPORT.