Sosok Wiranto dalam Olahraga Indonesia: Dari Karate Hingga Kesuksesan Bulutangkis

Sabtu, 6 April 2019 10:51 WIB
Penulis: Martini | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© PBSI
Alex Tirta dan Wiranto. Copyright: © PBSI
Alex Tirta dan Wiranto.

INDOSPORT.COM – Sosok Jenderal (purn) Wiranto kembali menjadi perhatian setelah berseteru dengan beberapa pihak. Teranyar, Menkopolhukam tersebut terekam sempat adu mulut dengan Mayjend (purn) Kivlan Zen, Jumat (05/04/19) malam.

Pertemuan keduanya menjadi sorotan banyak pihak lantaran membahas soal dalang tragedi 1998, sebab Wiranto dan Kivlan Zen sama-sama pernah menjabat sebagai jenderal.

Namun jika Kivlan Zen aktif di dunia militer khususnya komando tempur, berbeda dengan Wiranto yang setelahnya justru menjajal dunia olahraga.

Wiranto kini merupakan Ketua Umum Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia periode 2016-2020. Ia terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Nasional PBSI, Oktober 2016 lalu.

Sebelumnya ia juga pernah memimpin federasi karate (FORKI) pada 1997-2001, selain sebagai ketua Persatuan Taekwondo Indonesia, dan Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (GABSI).

Di bawah arahan Wiranto, kini perbulutangkisan Indonesia tetap diperhitungkan sebagai salah satu negara dengan atlet-atlet bulutangkis terbaik di dunia.

“Kita mau kembalikan supremasi perbulutangkisan dunia, dan sudah mengarah ke jalur yang benar. Belum sempurna memang, tapi kita berhasil dimana pada 2017 kita bisa meraih 37 gelar juara di event dunia, lalu 2018 itu ada 56 juara dan di awal 2019 ini baru 8 gelar, tapi mudah-mudahan bertambah,” ungkap Wiranto.

Sebagaimana diketahui saat ini atlet ganda putra Indonesia bersaing di deretan teratas peringkat dunia, dengan pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon berstatus sebagai peringkat pertama.

Demikian pula dengan wakil ganda putri dan ganda campuran yang mulai unjuk gigi di beberapa turnamen terakhir.

Sementara di nomor tunggal putra terjadi persaingan tiga wakil Indonesia di top 10 dunia, dan tunggal putri juga semakin menunjukkan kualitasnya usai dibimbing oleh pelatih kawakan Rionny Mainaky.

Ikuti Terus Update Informasi Seputar Bulutangkis Indonesia Hanya di INDOSPORT.COM.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%