Tak Kunjung Comeback, Lee Chong Wei Terancam Pensiun Lebih Cepat

Kamis, 11 April 2019 14:25 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Yohanes Ishak
© Herry Ibrahim/Indosport
Lee Chong Wei, salah satu pebulutangkis asal Malaysia dalam sebuah pertandingan. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport
Lee Chong Wei, salah satu pebulutangkis asal Malaysia dalam sebuah pertandingan.

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei terancam pensiun lebih cepat jika tidak segera melakukan comeback usai absen panjang karena didianosis kanker hidung.

Usai didianosis penyakit mematikan pada Juli 2018, hingga saat ini Chong Wei belum juga kembali memainkan raketnya lantaran tim dokternya mengatakan bahwa ia tak bisa memaksakan tubuhnya untuk kembali ke lapangan.

Namun jika ia tak kunjung bermain, maka Chong Wei terancam pensiun lebih cepat. Pasalnya untuk bisa lolos ke Olimpiade Tokyo 2020, ia harus mengumpulkan poin dari pertandingan yang diikutinya selama satu tahun.

Menurut laporan dari berita sports di New Straits Times, poin yang dicatatkannya dari akhir april 2019 ini hingga tahun depan akan diakumulasi 10 hasil turnamen yang memiliki poin terbaik.

Jika ia gagal, maka Chong Wei bisa mengakhiri karier bulutangkisnya lebih cepat karena sebelumnya pria asli Malaysia tersebut pernah mengungkapkan bahwa Olimpiade Tokyo 2020 akan menjadi turnamen terakhirnya.

Selain itu, pria berusia 36 tahun tersebut terancam kehilangan rangking terbaiknya yakni di peringkat tiga, karena bantuan perlindungan yang diberikan oleh Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) hanya berlaku selama enam bulan.

Jika Chong Wei tak ingin kehilangan rangking terbaiknya maka ia harus kembali bermain. Namun jika tidak, peringkatnya akan jeblok ke peringkat 77.

Mantan pebulutangkis nomor satu dunia itu harus kembali menjalani turnamen kompetitifnya sebelum 15 September mendatang agar bisa mempertahankan rangkingnya dan berpartisipasi dalam Olimpiade Tokyo 2020.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM