Dipastikan Absen di Kejuaraan Bulutangkis Dunia 2019, Lee Chong Wei Rugi Besar

Rabu, 8 Mei 2019 19:43 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Twitter
Pebulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei, lagi-lagi harus absen berpartisipasi di ajang turnamen bulutangkis. Copyright: © Twitter
Pebulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei, lagi-lagi harus absen berpartisipasi di ajang turnamen bulutangkis.

INDOSPORT.COM – Lee Chong Wei akan melewatkan Kejuaraan Bulutangkis Dunia 2019 pada bulan Agustus mendatang setelah peringkatnya merosot akibat terlalu lama absen bermain.

Mantan atlet nomer satu di Malaysia itu akan kehilangan satu peluang gelar juara dunia untuk pertama kalinya. Ini juga akan menyulitkan peluangnya untuk lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 mendatang.

“Lee Chong Wei tidak akan ambil bagian di Kejuaraan Dunia karena kini dia tidak lolos kualifikasi,” kata Michelle Chai, yang merupakan manajer umum Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM), seperti dimuat dalam berita olahraga laman AFP.

Perlu diketahui, setiap negara hanya boleh mengirimkan maksimal dua perwakilan (pemain) yang termasuk dalam 150 besar peringkat dunia untuk bisa bermain di turnamen tersebut. 

Chong Wei sendiri kini mengantongi peringkat 113 dunia versi Federasi Bulutangkis Dunia (BWF). Di sisi lain, Malaysia memiliki dua wakil yang memiliki peringkat lebih baik dari Chong Wei, yakni Lee Zii Jia and Liew Daren.

Itu artinya, Chong Wei dipastikan tidak bisa memperkuat Malaysia pada turnamen yang berlangsung di Swiss dari tanggal 19 hingga 25 Agustus 2019.

Atlet berusia 36 tahu itu sendiri diketahui sudah hampir setahun terakhir didiagnosis kanker hidung stadium dini. Ia harus menjalani  perawatan kanker secara intensif di Taiwan, namun belum memutuskan untuk pensiun.

Meski sudah kembali berlatih sejak Januari lalu, Chong Wei memutuskan batal comeback di turnamen All England Open pada bulan Maret dan Malaysia Open 2019 di bulan April. Ia juga absen di Piala Sudirman yang berlangsung bulan ini.

Ikuti Terus Berita Bulutangkis dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

3