Netizen Soroti Poster Indonesia Open 2019 yang Tak Tampilkan Malaysia

Minggu, 9 Juni 2019 15:34 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Belum dimulai, turnamen bulutangkis BWF World Tour 1000 Indonesia Open 2019 yang akan digelar pada 16 hingga 21 Juli 2019 mendatang sudah mendapat sorotan. Pasalnya, poster tidak resmi turnamen tersebut tak menampilkan satu pun pemain asal Malaysia.

Hal ini terlihat dari akun Twitter Dato Goh Chee Keong, @gckeong, yang mengomentari poster tersebut. Pemilik akun itu sendiri merupakan Chief Operating Officer (COO) dari situs Badminton Asia yang bermarkas di Malaysia.

Dengan nada berkelakar, ia mengatakan: “Indonesia Open adalah salah satu turnamen bulutangkis terbaik sepanjang musim. Posternya bagus, tetapi kenapa tidak ada pebulutangkis Malaysia?”

Dalam poster itu, pebulutangkis Indonesia tampak mendominasi dengan empat dari total delapan pemain yang ditampilkan. Mereka adalah Kevin Sanjaya Sukamuljo, Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Gregoria Mariska Tunjung.

Adapun pemain non-Indonesia yang ‘dipajang’ ialah Kento Momota (Jepang), Viktor Axelsen (Denmark), Tai Tzu-ying (China Taipei), dan Shi Yuqi (China).

Berbicara mengenai kiprah pemain yang ada di dalam poster, banyak di antara mereka yang menjadi nomor satu dunia seperti Kevin Sanjaya, Kento Momota, dan Tai Tzu-ying. Beberapa juga telah meraih gelar bergengsi pada tahun ini, seperti Yuqi yang membantu China menjuarai Piala Sudirman 2019.

Sementara itu, wakil Malaysia sendiri belum menunjukkan tajinya hingga saat ini. Dari 12 turnamen BWF World Tour yang telah diselenggarakan, Negeri Jiran baru meraih tiga gelar juara lewat ganda campuran Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (2) dan Goh V Shem/Tan Wee Kiong (1).

Sedangkan, perolehan sendiri masih didominasi oleh China dengan 13 gelar. China dibayangi ketat oleh Jepang (11) di tempat kedua dan Indonesia (9) di tempat ketiga.

Sekadar informasi, sepanjang perhelatan Indonesia Open, wakil Tanah Air hampir setiap edisi selalu berhasil meraih gelar juara. Tidak heran jika Indonesia tercatat sebagai negara paling banyak menjuarai Indonesia Open dengan torehan 84 gelar juara.