Apa Kabar Alan Budikusuma: Si Peraih Emas Olimpiade Barcelona 1992?

Rabu, 12 Juni 2019 10:27 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Alan Budikusuma, mantan pebulutangkis yang terkenal salah satu pencapaian fantastisnya di Olimpiade Barcelona 1992. Apa kabar sosok Alan Budikusuma saat ini?

Ya, Alan Budikusuma merupakan salah satu pebulutangkis tunggal putra Indonesia sukses yang namanya begitu mendunia.

Suami dari manajer PBSI, Susy Susanti tersebut tercatat pernah menjuarai berbagai gelar bergengsi mulai dari Juara Jakarta Open 1985, Thailand Open 1989, Dutch Open 1989, China Open 1991, Jerman Open 1992, Medali Emas Olimpiade Barcelona 1992, Malaysia Open 1995, Indonesia Open 1993 dan Medali Emas Piala Thomas 1996.

Namun, dari segudang prestasi menterengnya tersebut, Alan lebih dikenal sebagai peraih emas Olimpiade Barcelona 1992. Ia juga dikenal sebagai salah satu musuh bebuyutannya pebulutangkis legenda, Ardy Winata.

Persaingan keduanya mungkin bermula dari ajang All England 1991. Kala itu, Alan Budikusuma bertemu Ardy Winata yang berakhir dengan kekalahannya. Persaingan keduanya pun semakin panas hingga ke Olimpiade Barcelona 1992.

Kerennya, di Olimpiade 1992 tersebut, pebulutangkis kelahiran 1968 tersebut berhasil balas dendam hingga akhirnya berhasil merebut medali emas Olimpiade perdananya.

Kabar Terkini Alan Budikusuma

Alan Budikusuma tercatat telah gantung raket alias pensiun dari jagat bulutangkis dunia pada 1997, pasca-menikahi Susy Susanti. Meski sudah pensiun, Alan Budikusuma ternyata belum benar-benar meninggalkan dunia bulutangkis.

Alan nyatanya masih sangat peduli dengan perkembangan bulutangkis di Indonesia. Ia bahkan juga sering memberikan pendapatnya terkait dengan perfoma para pebulutangkis Ibu Pertiwi yang naik turun.

Kegiatan Alan itu pun tampak dari foto-foto yang diunggahnya di akun Instagram pribadi miliknya, @alanbudikusumaofficial. Ia terlihat masih sering berfoto dengan para atlet-atlet Indonesia, seperti Kevin Sanjaya Sukamuljo, pasangan duo Fajri serta eks pebulutangkis ganda campuran yang belum lama ini pensiun, Liliyana Natsir.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Alan Budikusuma (@alanbudikusumaofficial) on

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Alan Budikusuma (@alanbudikusumaofficial) on

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Alan Budikusuma (@alanbudikusumaofficial) on

Tak hanya itu, Alan pun kini juga mulai menekuni profesi barunya sebagai pengusaha. Tahun 2002, bersama dengan istri tercintanya, ia menjalankan sebuah bisnis di bidang bulutangkis. Peraih emas Olimpiade Barcelona tersebut menjadi produsen raket dalam negeri.  

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Alan Budikusuma (@alanbudikusumaofficial) on

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Alan Budikusuma (@alanbudikusumaofficial) on

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
100%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%