Hasil Pertandingan Indonesia Open 2019 Hari Ini: Tommy Sugiarto Kandas

Rabu, 17 Juli 2019 13:40 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Arum Kusuma Dewi
© bwfbadminton
Tommy Sugiarto, pebulutangkis Indonesia. Copyright: © bwfbadminton
Tommy Sugiarto, pebulutangkis Indonesia.

INDOSPORT.COM - Pebulutangkis Tommy Sugiarto gagal melaju ke babak kedua Indonesia Open 2019 setelah kalah atas wakil China, Chen Long pada pertandingan yang berlangsung di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (17/07/19) hari ini.

Bertandingan melawan unggulan lima asal China, Tommy Sugiarto melakoni laga super ketat sebelum akhirnya kalah dalam pertandingan rubber game 20-22, 21-14, 21-17.  

Tommy memulai laga cukup baik, ia bahkan sempat unggul 3-1 di menit-menit awal set pertama. Namun peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 menunjukkan mental juaranya dan bangkit dengan menyamakan kedudukan menjadi 4-4.

Menunjukkan bahwa dirinya belum habis, Tommy pun memperlebar jarak menjadi 7-5, sebelum akhirnya menutup interval pertama dengan keunggulan 11-5 atas wakil China tersebut.

Sayang, kesalahan yang berulang kali dilakukan oleh pebulutangkis 31 tahun tersebut membuat Chen Long berhasil menyamakan kedudukan menjadi 12-12.

Tommy sempat unggul beberapa kali, tetapi pengembaliannya yang tanggung dan pertahanan yang lemah membuat wakil China berhasil meraih poin demi poin hingga akhirnya menutup pertandingan set pertama dengan keunggulan 20-22.

Memasuki game kedua, pebulutangkis yang kini menempati ranking 17 dunia tersebut tampil lebih percaya diri. Ia kembali unggul di menit-menit awal pertandingan dengan skor 5-2.

Seolah tak ingin mengulang kesalahannya seperti di set pertama, Tommy lebih konsisten menjaga keunggulan dan menutup interval kedua dengan keunggulan 11-8.

Chen Long tetap berusaha mempertahankan asa dan secara perlahan meraup poin demi poin untuk mengejar ketertinggalan, tetapi ketenangan poin dan penempatan bola yang lebih cerdik membuatnya tetap unggul 15-11.

Tommy tampak beberapa kali mengkritik keputusan wasit yang dinilainya cukup merugikan, tetapi wasit tetap tak menggubris dan tetap teguh pada keputusannya.

Masih pantang menyerah, Tommy pun menutup set kedua dengan keunggulan 21-14 atas juara Olimpiade Rio 2016. Pertandingan pun dilanjutkan ke babak rubber game.

Set ketiga berlangsung lebih ketat. Chen Long yang berhasil unggul lebih dulu, sempat ditikung Tommy, sebelum akhirnya melangkah lebih jauh dengan skor 5-3.

Pebulutangkis asal China bermain lebih percaya diri di set ketiga dan berhasil unggul empat poin atas Tommy dengan skor 9-5 sebelum akhirnya menutup interval pertama dengan keunggulan 11-6 atas Tommy.

Tommy yang tertinggal lima poin, berhasil bangkit paska interval dan menyamakan kedudukan menjadi 11-11. Pertandingan semakin seru kala kedua pemain saling berkejar-kejaran poin.

Sayang, wakil China tersebut masih terlalu tangguh untuk Tommy hingga akhirnya pertandingan diakhiri dengan skor 21-17 untuk keunggulan Chen Long.