Diwawancara Khusus, Situs Resmi Olimpiade Sebut Liliyana Natsir Legenda

Minggu, 8 September 2019 09:43 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Situs resmi Olimpiade menyanjung mantan pebulu tangkis Indonesia, Liliyana Natsir sebagai salah satu legenda bulu tangkis dunia.

Liliyana, peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 bersama dengan Tontowi Ahmad dan medali perak Olimpiade Beijing 2008 bersama dengan Nova Widianto, membeberkan rahasianya tentang meraih kesuksesan bersama dengan setiap pebulutangkis yang pernah menjadi pasangannya.

Laman resmi Olimpiade menulis pada paragraf pertama sebagai berikut. "Legenda bulu tangkis Indonesia Liliyana Natsir, yang memenangi dua medali Olimpiade dan empat kejuaraan dunia, menjelaskan mengapa dia dan Tontowi Ahmad membentuk duo yang begitu efektif."

Menurut Liliyana, salah satu rahasia sukses kemitraannya dengan atlet lainnya adalah bagaimana mereka mampu memajemen suatu permasalahan antara mereka lalu mencoba untuk menyelesaikannya.

"Dalam suatu kemitraan, pasti selalu saja terdapat elemen yang pahit. Selalu ada kesalahpahaman, tentu saja, tetapi kami mencoba menempatkan ego kami di satu sisi untuk mencapai hasil maksimal," ujar Liliyana kepada situs olympic.org.

Mantan pebulu tangkis ganda campuran tersebut juga mengatakan bahwa hal yang terpenting dalam berpartner adalah mencoba untuk saling memahami satu sama lain.

"Hal lainnya adalah ketika kita kalah, kita cenderung saling menyalahkan. Tetapi, yang paling penting adalah bahwa kami bekerja untuk saling memahami, dan memiliki komunikasi yang baik di pengadilan adalah suatu keharusan," pungkasnya.

Liliyana sendiri meskipun sudah memutuskan untuk gantung raket, tetapi dirinya masih tetap terlibat aktif dalam suatu event bulutangkis. Sedangkan Tontowi Ahmad masih aktif bermain bersama dengan pasangannya yang baru yaitu Winny Oktavina Kandow.