Hendra Setiawan dan Liliyana Natsir Ternyata Punya Rekor yang Sama

Sabtu, 14 September 2019 14:51 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Humas PBSI
Pemain bulutangkis Indonesia, Hendra Setiawan, secara mengejutkan memiliki rekor yang sama dengan bintang Indonesia, Liliyana Natsir. Copyright: © Humas PBSI
Pemain bulutangkis Indonesia, Hendra Setiawan, secara mengejutkan memiliki rekor yang sama dengan bintang Indonesia, Liliyana Natsir.

INDOSPORT.COM - Pemain bulutangkis Indonesia, Hendra Setiawan, secara mengejutkan memiliki rekor yang sama dengan legenda bulutangkis Indonesia, Liliyana Natsir, dalam hal Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Hendra yang selama ini dikenal lewat sektor ganda putra bersama Mohammad Ahsan, memang telah berhasil meraih medali emas di Kejuaraan Dunia Bulutangkis BWF 2019 yang bertempat di St. Jakobshalle di Basel, Swiss.

Saat itu, mereka mengalahkan pasangan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi dengan skor 25-23, 9-21, dan 21-15. Di semifinal, mereka juga mampu mengalahkan pasangan Indonesia lainnya, yaitu Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dengan skor 21-16, 15-21, dan 21-10.

Dengan prestasi tersebut, seperti berdasarkan unggahan akun Twitter resmi milik Badminton Statistics, ternyata Hendra Setiawan memiliki rekor Kejuaraan Dunia Bulutangkis yang sama dengan atlet ganda campuran Indonesia, Liliana Natsir.

Dalam unggahan tersebut, tampak bahwa Liliana berhasil meraih kemenangan pertamanya di Kejuaraan Dunia Bulutangkis, yaitu pada 21 Agustus 2005. Saat itu, bersama Nova Widianto, ia mampu meraih medali emas di Kalifornia, Amerika Serikat, setelah mengalahkan pasangan China, Xie Zhongbo/Zhang Yawen.

Sementara itu, untuk kemenangan terakhirnya di Kejuaraan Dunia Bulutangkis adalah pada 27 Agustus 2017, dimana bersama Tontowi Ahmad, Liliyana mampu menumbangkan ganda campuran China, Zheng Siwei/Chen Qingchen dan menjuarai Kejuaraan Dunia Bulutangkis di Glasgow, Skotlandia.

Kemenangan pertama Hendra Setiawan adalah pada 19 Agustus 2007. Bersama Markis Kido di sektor ganda putra, ia mampu menyingkirkan pasangan asal Korea Selatan, Jung Jae-sung/Lee Yong-dae, dengan skor identik 21-19, 21-19 dan akhirnya mampu meraih medali emas di kejuaraan yang berlansung di Malaysia itu.

Dengan catatan tersebut, baik Hendra Setiawan maupun Liliyana Natsir memiliki rekor yang sama dalam Kejuaraan Dunia Bulutangkis dari sejak pertama kali mereka juara, sampai terakhir kali mereka juara, yaitu 12 tahun 6 hari.