Perjuangan Luar Biasa Parupalli Kashyap, 'Shah Rukh Khan' Bulutangkis India di Korea Open 2019

Sabtu, 28 September 2019 21:04 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© indianexpress.com
Parupalli Kashyap, pebulutangkis asal India. Copyright: © indianexpress.com
Parupalli Kashyap, pebulutangkis asal India.

INDOSPORT.COM - Perjuangan luar biasa telah dilakukan Parupalli Kashyap, sang 'Shah Rukh Khan' bulutangkis India dalam ajang Korea Open 2019.

Pada turnamen bulutangkis level Super 500 tersebut, langkah Parupalli Kashya harus terhenti di babak semifinal setelah kalah dari pebulutangkis peringkat satu dunia Kento Momota asal Jepang.

Bertanding di Incheon Airport Skydome, Parupalli Kashya yang peringkatnya terpaut 30 strip dari Kento Momota harus menyerah dengan dua set langsung lewat skor 21-13, dan 21-15.

Meski kalah namun perjuangan tunggal putra India ini layak mendapat apresiasi, pasalnya Parupalli Kashyap mengawali kompetisi lewat jalan yang cukup panjang bahkan terbilang ajaib untuk bisa melangkah ke semifinal Korea Open 2019.

Pada babak pertama, Parupalli Kashyap tampak tak terlalu kesulitan saat berhadapan dengan Lu Chia-hung asal China Taipei, terbukti kemenangan langsung dua set sukses ia raih dengan skor 21-16, 21-16.

Pertarungan sengit terjadi di babak kedua, di mana Parupalli Kashyap harus berhadapan dengan Liew Daren yang di laga sebelumnya sukses menaklukan sang mantan juara dunia asal China, Lin Dan dengan skor 21-19, 21-14.

Laga Liew Daren vs Parupalli Kashyap pun berjalan seru, bahkan pertandingan harus disudahi dengan rubber game untuk kemenangan wakil India 17-21, 21-11, dan 12-21.

Usai menaklukan sang penghancur juara dunia, langkah Parupalli Kashyap kembali di uji pada babak perempat final saat berhadapan dengan Jan O. Jorgensen.

Secara peringkat jelas Jan O. Jorgensen jauh lebih unggul dari Parupalli Kashyap, apalagi di babak kedua sang juara badminton Eropa tersebut mampu menaklukan unggulan Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting.

Namun statistik diatas kertas mampu dipatahkan Parupalli Kashyap, tunggal putra berusia 33 tahun tersebut berhasil menang dengan dua set langsung 24-22, dan 21-8.

Langkah Parupalli Kashyap pun harus terhenti ditangan raja badminton tunggal putra, Kento Momota di babak semifinal. Tak tanggung-tanggung Kento langsung menyudahi pertandingan dengan dua game langsung.

Raihan Parupalli Kashyap sendiri merupakan yang terbaik dari para wakil India lain di ajang Korea Open 2019, bahkan ia merupakan satu-satunya orang India yang mampu melangkah ke semifinal.

Pasalnya lima wakil India yang turun di kompetisi ini telah lebih dulu kandas, bahkan dua ganda putri India yakni Pusarla Venkata Sindhu dan Saina Nehwal yang merupakan unggulan Korea Open 2019, harus lebih dulu angkat kaki usai kalah di babak pertama.