Kisah Debby Susanto: Rela Putus Sekolah Demi Jadi Pebulutangkis Profesional

Rabu, 2 Oktober 2019 15:33 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Mantan pebulutangkis ganda campuran Indonesia, Debby Susanto membagikan cerita perjuanganya sebelum menjadi atlet profesional.

Kepada INDOSPORT, Debby Susanto mengaku kenal olahraga badminton dari sang ayah. Tadinya, yang sering bermain bulutangkis adalah kakak Debby.

Namun, karena sang kakak ingin meneruskan sekolah dan ogah menjadi atlet, Debby lah yang mewujudkan harapan kedua orangtuanya.

"Papa pengin salah satu anaknya ada yang jadi atlet. Akhirnya dari empat anaknya ini cuma satu yang malas sekolah, kebetulan saya yang malas sekolah," ujar wanita berusia 30 tahun itu.

Kemudian, setelah lulus SMP Debby memutuskan untuk menekuni bulutangkis dan berhenti sekolah. Ia pun bertekad untuk menjadi atlet bulutangkis berprestasi.

"Saya sudah terlanjur nih nyemplung di dunia badminton. Saya juga sudah tinggalin sekolah. Kalau saya nggak jadi atlet badminton, saya mau jadi apa?" ujar peraih juara All England 2016 itu.

Debby Susanto yang pernah berpasangan dengan Praveen Jordan di sektor ganda campuran resmi gantung raket pada januari 2019 setelah 17 tahun malang melintang di dunia bulutangkis.