In-depth

Mengenal Leo Rolly Carnando, 'The Next Kevin Sanjaya' Andalan Tim Junior Indonesia

Senin, 7 Oktober 2019 13:44 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Mengenal lebih dekat Leo Rolly Carnando, pebulutangkis junior ganda putra dan campuran masa depan Indonesia yang meraih prestasi di Kejuaraan Dunia Junior 2019. 

Indonesia baru saja mencatatkan sejarah dengan menjuarai nomor beregu Kejuaraan Dunia Junior Bulutangkis 2019. Di final yang digelar di Kazan Gymnastics Center, Sabtu (05/10/19), Indonesia menekuk China 3-1. 

Salah satu nama andalan yang mencuri perhatian tentu saja adalah Leo Rolly Carnando. Leo Carnando merupakan pemain ganda putra yang dipasangkan dengan Daniel Marthin. 

Pasangan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin tampil perkasa saat menekuk pasangan Thailand, Thanawin Madee/Ratchapol Makkasasithorn, 21-12 dan 22-20 di babak semifinal.

Tak hanya di ganda putra, Leo Rolly Carnando juga turun di nomor ganda campuran bersama Indah Cahya Sari dalam nomor beregu Kejuaraan Dunia Junior di Rusia ini. 

Di nomor ini, ia berjasa saat mengalahkan pasangan Hong Kong, Lui Chun Wai/Yeung Pui Lam, di babak perempatfinal. 

Binaan PB Djarum

Leo Rolly Carnando merupakan pebulutangkis binaan PB Djarum. Leo, yang lahir pada 29 Juli 2001, awalnya dipasangkan di nomor ganda campuran sebelum akhirnya juga turun di nomor ganda putra. 

Leo Rolly Carnando tergolong pebulutangkis berprestasi. Tahun 2018 dan 2019 adalah tahun-tahun terbaiknya. 

Pada 2018 ia meraih juara diKejuaraan Dunia di Kanada pada nomor ganda campuran (perorangan) bersama Indah Cahya Sari. Di final ia mengalahkan sesama pasangan Indonesia, Rehan Naufal Kusharjanto/Siti Fadia Silva Ramadhanti, 21–15, 21–9. 

Di tahun 2019 ia meraih dua gelar di nomor ganda putra dan ganda campuran pada ajang Asian Junior Championship. Kemudian, ia meraih gelar beregu pada Kejuaraan Dunia di Rusia baru-baru ini. 

Leo juga beberapa kali meraih medali perunggu di Asian Junior Championship (2018) dan World Junior Championship (2019). 

The Next Kevin Sanjaya

Atas potensinya ini, ia pun dijuluki sebagai 'The Next Kevin Sanjaya'. Penampilan impresifnya di Kejuaraan Asia Junior-lah yang membuat namanya melambung. 

Tak hanya fans dari dalam negeri, para pecinta bulutangkis Tiongkok pun sampai menjulukinya 'The Next Kevin Sanjaya'. 

Ia disebut mirip Kevin karena postur tubuhnya yang tak terlalu tinggi dengan gaya bermain berapi-api. Ia juga bagus dalam pukulan beruntun. 

Dilansir dari situs bwfbadminton, Leo Rolly Carnando telah melakoni 106 pertandingan profesional dengan catatan 87 kemenangan dan 19 kali kalah. 

Untuk 2019 ini ia sudah bermain sebanyak 35 kali dengan rincian 29 kali menang dan enam kali kalah. Tentu saja catatan ini terbilang impresif.