Yuni Kartika Sebut 2 Atlet yang Bisa Dicontoh Tunggal Putri Indonesia, Siapa Saja?

Rabu, 9 Oktober 2019 16:45 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tai Tzu-ying dan Saina Nehwal di ajang Indonesia Masters 2018. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tai Tzu-ying dan Saina Nehwal di ajang Indonesia Masters 2018.

INDOSPORT.COM - Mantan pebulutangkis, Yuni Kartika, menyadari bahwa sektor tunggal putri Indonesia membutuhkan sosok role model yang bisa menjadi contoh.

Ketika Yuni Kartika masih aktif bermain sebagai pemain, ada tiga pemain yang menjadi role modelnya. Ketiga pemain itu adalah Susy Susanti, Sarwendah Kusumawardhani, dan Ivana Lie Ing Hoa.

Mereka adalah tiga pemain top bulutangkis yang selalu menjadi contoh serta inspirasi bagi Yuni Kartika. Meski demikian, Yuni memandang bahwa tunggal putri Indonesia yang sekarang kekurangan mentor yang bisa dijadikan contoh.

Namun, wanita yang kini berprofesi sebagai penyiar itu menuturkan ada dua role model di sektor tunggal putri buat pebulutangkis Indonesia, yakni Tai Tzu Ying dan Akane Yamaguchi.

"Kalo tunggal putri saya melihat Tai Tzu Ying luar biasa ya. Ia adalah pemain yang komplet. Secara skill, kecepatan, kelenturan, dan ketepatannya bagus," ujar Yuni Kartika kepada INDOSPORT.

"Menurut saya Tai Tzu Ying itu perfect, ditambah satu yang paling penting dari seorang pemain adalah karakter. Attitude itu menentukan dia akan ke mana. Saya melihat Tai Tzu Ying ini adalah orang yang humble," sambungnya lagi.

Meskipun sudah banyak gelar juara yang diraih, Tai Tzu Ying tetap rendah hati dan tidak sombong.

"Kalau dari segi semangat, saya lebih suka melihat Akane Yamaguchi. Dia tergolong pemain yang tidak tinggi karena hanya 150 cm, tapi cara bermainnya di lapangan luar biasa," kata Yuni Kartika.

"Dia tidak mau tahu bolanya lari ke mana, pokoknya kalau belum jatuh dia akan mengejar. Itu menandakan bahwa tinggi badan bukan menjadi suatu patokan," ujarnya menambahkan.

Dua pemain hebat dunia itu diharapkan bisa menjadi motivasi bagi pebulutangkis tunggal putri Indonesia.

1