Albertus Susanto Njoto, Dinaturalisasi Hong Kong dan Berduet dengan Adik Alan Budikusuma

Senin, 14 Oktober 2019 22:00 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Antara
Albertus Susanto Njoto, pebulutangkis Indonesia yang memilih membela Hong Kong Copyright: © Antara
Albertus Susanto Njoto, pebulutangkis Indonesia yang memilih membela Hong Kong

INDOSPORT.COMAlbertus Susanto Njoto merupakan pebulutangkis asal Indonesia yang memilih berganti kewarganegaraan menjadi Hong Kong.

Keputusan itu diambil Albertus Susanto Njoto setelah kalah bersaing di pelatnas. Bersama Hong Kong, ia perlahan mewujudkan keinginannya tampil di ajang bulutangkis level internasional, seperti Piala Thomas dan Piala Sudirman.

Albertus Susanto Njoto ternyata kerap bermain rangkap di nomor ganda putra bersama Liu Kwok Wa dan ganda campuran bersama Chan Mei Mei.

Pada tahun 2000, pria kelahiran 27 Oktober 1976 itu meraih dua gelar di Australia Capital International saat bermain rangkap. Di tahun yang sama, ia juga menjuarai Waitakere International di sektor ganda campuran.

Albertus Susanto Njoto ternyata juga pernah berpasangan dengan pebulutangkis asal Indonesia yang juga saudara Alan Budikusuma, Yohan Hadikusumo Wiratama.

Keduanya pernah menjuarai Philippines Open 2006 setelah mengalahkan ganda putra Indonesia, Hendra Aprida Gunawan/Joko Riyadi.

Pada tahun 2007, Albertus/Yohan tampil di Kejuaraan Dunia Bulutangkis BWF. Mereka menjadi unggulan ke-12 dan kalah di putaran kedua dari ganda putra Denmark.

Di usia menginjak 40 tahun, pasangan Albertus/Yohan yang mewakili Australia berhasil memenangkan kejuaraan Sydney Internasional 2017.

Tahun 2018 lalu, keduanya tercatat di situs BWF masih turun di Vietnam Open 2018. Akan tetapi, mereka kalah di babak 16 besar.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%