Demi SEA Games, 3 Wakil Indonesia Mundur Dari Korea Masters 2019

Sabtu, 26 Oktober 2019 11:58 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pebulu tangkis tunggal putri, Gregoria Mariska merupakan salah satu dari tiga wakil Indonesia yang putuskan mundur dari Korea Masters karena ingin fokus SEA Games 2019. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pebulu tangkis tunggal putri, Gregoria Mariska merupakan salah satu dari tiga wakil Indonesia yang putuskan mundur dari Korea Masters karena ingin fokus SEA Games 2019.

INDOSPORT.COM - Hal mengejutkan bakal terjadi di turnamen bulu tangkis Super 300 bertajuk Korea Masters 2019. Bagaimana tidak, tiga wakil Indonesia telah memutuskan untuk mundur dan fokus pada ajang SEA Games 2019.

Tiga wakil Tanah Air tersebut terdiri dari tiga kategori berbeda yakni tunggal putri (Gregoria Mariska Tunjung dan Fitriani), ganda putra (Berry Angriawan/Hardianto), dan ganda putri (Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta) berdasarkan informasi dari akun Twitter Badminton Talk.

Padahal, mereka semua cukup dijagokan bisa tampil pada turnamen lanjutan yang bakal digelar di Gwangju, Korea Selatan. Terutama untuk memperbaiki konsistensi permainan lima pebulu tangkis Tanah Air itu.

Gregoria harus rela gagal melaju ke babak 16 besar usai dibungkam wakil China, He Bing Jiao dengan skor 12-21, 18-21 pada French Open 2019, Rabu (23/10/19) lalu.  Serupa dengan Fitriani yang gagal usai kalah atas wakil China, He Bing Jiao dengan skor rubber, 21-18, 10-21, 20-22, dihari yang sama.

Sementara itu, baik Angriawan/Hardianto dan Della/Pradipta yang terakhir mengikuti ajang Indonesia Masters 2019. Della/Pradipta masih lebih baik usai mendapat gelar juara dalam beberapa kompetisi terakhir, sayang Angriawan/Hardianto masih belum mampu mengikuti jejak ganda putri itu.

Meski demikian, mundurnya para wakil Tanah Air ini tidak sepenuhnya buruk mengingat ajang SEA Games merupakan salah satu turnamen penting karena membawa nama baik Indonesia di kancah olahraga Asia Tenggara.

Apalagi Gregoria dan Fitriani sempat mampu menyumbang medali di gelaran SEA games salah contohnya medali perunggu di tahun 2017 lalu. Tidak jauh berbeda dengan Angriawan yang turut menyumbang medali perak di tahun 2013 ketika berpasangan dengan Ricky Karanda Suwardi.

Meski ini merupakan pengalaman pertama bagi Della/Pradipta, mereka tercatat mampu meraih perunggu di Badminton Asia Championship 2019. Kehadiran tiga wakil ini tentu bisa menjadi andalan Indonesia di gelaran SEA Games 2019 yang berlangsung di Filipina 30 November hingga 11 Desember mendatang.