Membandingkan Jumlah Hadiah BWF World Tour di China dan Indonesia, Mana yang Lebih Mewah?

Senin, 4 November 2019 12:53 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© PBSI
Membandingkan Jumlah Hadiah BWF World Tour di China dan Indonesia, Mana yang Lebih Mewah? Copyright: © PBSI
Membandingkan Jumlah Hadiah BWF World Tour di China dan Indonesia, Mana yang Lebih Mewah?

INDOSPORT. COM - China dan Indonesia kerap kali mengadakan beberapa kompetisi bulutangkis BWF World Tour setiap tahunnya. Mana kira-kira tuan rumah yang menyediakan hadiah lebih mewah?

Setiap tahunnya, para pebulu tangkis internasional pasti akan sibuk mengikuti rangkaian ajang BWF World Tour. Tipe kompetisinya beragam karena dibagi ke dalam beberapa level, mulai dari Super 1000, Super 750, Super 500, Super 300, dan Super 100.

China dan Indonesia, sebagai negara yang punya tradisi juara di bulu tangkis, jelas mengirimkan banyak atletnya pada BWF World Tour. Namun, tak hanya sebatas itu saja keterlibatannya, China dan Indonesia juga sering menjadi tuan rumah penyelenggara.

Buktinya saja China dan Indonesia per tahunnya selalu mengadakan sejumlah kompetisi BWF World Tour. Paling terkenal mungkin yang di kelas Super 1000, yakni China Open serta Indonesia Open.

Membahas soal peran China dan Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara, negara mana kira-kira yang mampu menyuguhkan hadiah lebih banyak kepada pebulutangkis? INDOSPORT coba membuat perbandingannya ke dalam ulasan berikut.

China

© INDOSPORT
Logo Fuzhou China Open Copyright: INDOSPORTLogo Fuzhou China Open

China sebagai negara adidaya bulu tangkis, kerap menjadi tuan rumah dari beberapa kompetisi BWF World Tour. Total ada tiga ajang yang diselenggarakan di China, yakni China Open, Fuzhou China Open, dan Lingshui China Masters.

Dari ketiga nama kompetisi tadi, China Open jadi yang paling bergengsi karena berada di level Super 1000. Sementara Fuzhou China Open menjadi kompetisi level Super 750, dan Lingshui China Masters hanya Super 100.

Soal uang hadiah, mungkin sudah bisa tergambar dari tingkatan level kompetisinya. Makin tinggi level kompetisi, kian mewah pula hadiah yang diberikan.

China Open edisi tahun 2019 menyediakan hadiah berjumlah $1.000.000. Berlanjut ke Fuzhou China Open 2019 yang menyediakan $700.000, dan Lingshui China Masters di angka $75.000.

Dilihat secara keseluruhan, berarti total uang hadiah dari kompetisi BWF World Tour di China berjumlah $1.775.000. Bila dikonversikan ke mata uang Indonesia saat ini menjadi sekitar Rp24,8 miliar.

Indonesia

© Grafis: Yanto/Indosport.com
Logo Indonesia Open 2019 Copyright: Grafis: Yanto/Indosport.comLogo Indonesia Open 2019

Melihat China yang punya tiga kompetisi, Indonesia pun tak mau kalah. Berdasarkan data BWF World Tour, Indonesia juga menyelenggarakan tiga kompetisi di level yang berbeda.

Pertama ada Indonesia Open yang merupakan kompetisi level Super 1000. Hadiah yang diperebutkan di Indonesia Open edisi 2019 menyentuh angka $1.250.000.

Ada lagi kompetisi Indonesia Masters di level Super 750. Para pebulu tangkis yang bertarung pada Indonesia Masters 2019 memperebutkan uang hadiah $350.000.

Terakhir, Indonesia memiliki kompetisi level Super 100 dalam Indonesia Masters Super 100. Pada edisi tahun 2019, Indonesia Masters Super 100 menyuguhkan hadiah $75.000.

Melihat ketiga kompetisi tersebut, BWF World Tour di Indonesia total hadiahnya $1.675.000 atau sekitar Rp23,4 miliar. Artinya, jumlah hadiah BWF World Tour yang diselenggarakan di Indonesia pada tahun 2019 memiliki hadiah lebih kecil ketimbang China.