5 Pebulutangkis dengan Gelar Juara Terbanyak Selama 1 Tahun, Kevin/Marcus Urutan Berapa?

Rabu, 6 November 2019 16:05 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Lanjar Wiratri
© PBSI
Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon masuk dalam lima pebulutangkis dengan gelar juara terbanyak selama satu tahun. Copyright: © PBSI
Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon masuk dalam lima pebulutangkis dengan gelar juara terbanyak selama satu tahun.

INDOSPORT.COM - Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, masuk dalam lima pebulutangkis dengan gelar juara terbanyak selama satu tahun.

Dalam satu tahun, terdapat berbagai kejuaraan bulutangkis dengan bermacam kategori. Semua pebulutangkis berlomba-lomba meraih gelar sebanyak-banyaknya.

Di era BWF World Tour, para pebulutangkis berusaha mengumpulkan poin sebanyak mungkin dari gelar juara untuk tampil di BWF World Tour Finals.

Selain itu, gelar demi gelar juara juga akan mengantarkan mereka menduduki peringkat terbaik di BWF dan mendapatkan status unggulan yang menguntungkan mereka.

Namun, tidak banyak yang mampu mengoleksi lebih dari 10 gelar juara dalam setahun. Rekor gelar juara terbanyak selama satu tahun sampai saat ini masih dipegang ganda putri China, Wang Xiaoli/Yu Yang.

Dilansir dari Twitter @BadmintonStats, Wang Xiaoli/Yu Yang sukses meraih 10 gelar pada tahun 2011, di antaranya All England, Superseries Finals, dan Kejuaraan Dunia Bulutangkis BWF.

Di urutan kedua, ada Raja Bulu Tangkis Dunia saat ini, Kento Momota. Sepanjang tahun 2019, ia telah mengoleksi sembilan gelar juara.

Satu trofi lagi, Kento Momota akan menyamai rekor Wang Xiaoli/Yu Yang. Ia berpeluang meraih gelar berikutnya di kejuaraan Fuzhou China Open 2019.

Lantas, bagaimana dengan Kevin/Marcus? The Minions ternyata berada di urutan keempat dengan perolehan sembilan gelar pada 2018.

Catatan tersebut sama dengan yang diraih ganda campuran Zhen Siwei/Huang Yaqiong yang juga dicapai pada 2018. Satu lagi yang sukses meraih sembilan gelar dalam satu tahun adalah Lee Chong Wei pada 2010.

Pada tahun 2019 ini, Kevin/Marcus telah meraih tujuh gelar. Butuh dua gelar lagi untuk menyamai pencapaian mereka pada tahun 2018.

Masih ada tiga kejuaraan tersisa yang bisa diraih Kevin/Marcus hingga tahun 2019, yakni Fuzhou China Open, Hong Kong Open, dan BWF World Tour Finals.