Korea Masters 2019 Jadi Pertaruhan Nasib China dan Malaysia di World Tour Finals

Sabtu, 23 November 2019 15:30 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© BWF
Korea Master 2019 menjadi penentu antara China dan Malaysia di gelaran World Tour Finals bulan Desember mendatang. Copyright: © BWF
Korea Master 2019 menjadi penentu antara China dan Malaysia di gelaran World Tour Finals bulan Desember mendatang.

INDOSPORT.COM - Pekan ini masih bergulir kompetisi bulutangkis bertajuk Korea Masters 2019. Siapa sangka turnamen bulutangkis ini akan menjadi penentu nasib antara China dan Malaysia di gelaran World Tour Finals nanti yang juga akan memengaruhi peringkat bwf mereka nantinya.

Dilansir akun Twitter Badminton Talk, baik China dan Malaysia akan beradu gengsi untuk memastikan wakil mereka yang layak turut serta pada gelaran World Tour Finals yang berlangsung 11-15 Desember mendatang.

Untuk bisa ikut serta pada gelaran bergengsi itu tentu memerlukan kualifikasi jumlah poin tertentu. Jika tiap pebulutangkis memiliki jumlah poin tinggi, nantinya tinggal Negara asalnya yang mengirimkan wakil untuk mengikuti World Tour Finals.

Setidaknya masih ada dua posisi lowong yang tersisa untuk mengikuti puncak turnamen bulutangkis seantero dunia ini. Dua posisi ini menjadi perebutan dalam dua kategori berbeda dan dari dua negara berbeda pula.

Untuk kategori tunggal putra, China nampak akan memilih untuk mengirimkan antara Wang Tzu Wei atau Lin Dan. Tzu Wei masih memimpin dengan jumlah 72490 poin, meski demikian Lin Dan juga dipastikan akan mampu menyusul mengingat pebulutangkis Negeri Tirai Bambu ini sukses melaju ke babak final Korea Masters.  

Sementara untuk nomor ganda putra, satu tiket World Tour Finals menjadi rebutan antara dua ganda putra Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik dan Goh V Shem/Tan Wee Kiong. Walaupun kalah saing dari jumlah poin Chia/Soh, Goh/Tan dipastikan juga akan mengejar usai sukses melenggang ke babak akhir Korea Master tahun ini.

Untuk mengikuti World Tour Finals nantinya tiap negara hanya bisa mengirimkan dua wakilnya saja untuk tiap nomor berbeda. Tak ayal hal ini tentu harus menjadi pertimbangan dengan mengirimkan wakil terbaik karena kompetisi ini akan mempertemukan berbagai pebulutangkis dunia.

Terlepas dari itu, Indonesia juga berhasil memenuhi kualifikasi poin yang diperlukan untuk mengikuti ajang World Tour Finals meski menarik diri dari Korea Masters. Setidaknya Tanah Air akan mengirimkan dua wakil pada nomor tunggal putra, ganda putra, dan ganda campuran.