Apa Kabar Vicky Angga Saputra, Eks Rekan Jonatan Christie yang Degradasi dari Pelatnas PBSI?

Selasa, 3 Desember 2019 19:01 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Vicky Angga Saputra yang sempat berada satu klub dengan Jonatan Christie di PB Tangkas, tahun ini harus terdegradasi dari Pelatnas PBSI. Apa kabar dirinya sekarang?

Awal 2019, kabar buruk harus dirasakan pebultangkis tunggal putra Vicky Angga Saputra. Mantan rekan Jonatan Christie di PB Tangkas itu harus rela menjadi salah satu dari dari 17 pebulutangkis yang terdegradasi dari Pelatnas PBSI.

Degradasi yang dialami Vicky Angga Saputra memang tak lepas dari kuota pebulutangkis Pelatnas PBSI yang dipangkas hingga sekitar 10 persen di tahun 2019, demi mengejar target Olimpiade Tokyo 2020. 

Selain juga tak lepas dari prestasi Vicky Angga Saputra yang tak jauh lebih baik dari pesaing-pesaingnya di sektor tunggal putra. Mulai dari Jonatan Christie, Anthony Ginting, Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay hingga Shesar Hiren Rhustavito.

Terdegradasi dari Pelatnas PBSI, mau tak mau Vicky Angga Saputra harus kembali ke klub yang kini dibelanya usai meninggalkan PB Tangkas, Abadi Surya Perkasa.

Bersama Abadi Surya Perkasa usai degradasi dari Pelatnas PBSI, kesmepatan Vicky Angga Saputra untuk tampil di turnamen bulutangkis Internasional langsung jauh berkurang. 

Bahkan jika di lihat dari lokasi turnamen, tak sekalipun Vicky Angga Saputra pada tahun ini terlibat dalam turnamen yang berlangsung di luar Indonesia.

Di tunamen berlevel Internasional, Vicky Angga Saputra hanya tiga kali ikutserta selama tahun 2019. Dan itu semua dalam turnamen yang berlangsung di Indonesia. Mulai dari Daihatsu Indonesia Master, Yuzu Indonesia Master, hingga Indonesia International Challenge.

Terhenti di babak kualifikasi Daihatsu Indonesia Master dna hanya bisa sampai babak 64 besar Indonesia International Challenge, Vicky Angga Saputra sempat menjadi harapan bulutangkis tanah air di Yuzu Indonesia Master.

Dirinya bisa menjadi satu-satunya wakil Indonesia di babak semifinal. Sebelum akhirnya harus mengakui keunggulan tunggal putra Thailand Tanongsak Saensomboonsuk.

Gagal di level Internasional, sayangnya Vicky Angga Saputra  juga tak cukup beprestasi di level nasional. Dirinya hanya dua kali mencatatkan prestasi lumayan baik dengan masuk ke final di Sirnas Jkarta Open dan Daihatsu Astec Open.

Dengan catatan itu, Vicky Angga Saputra masih tertahan di rangking 14 tunggal putra Indonesia, dengan poin 14.520 hingga ankhir November ini.

Tak terlalu sibuk terlibat turnamen bulutangkis tahun ini, Vicky Angga Saputra terlihat banyak memanfaatkan waktunya untuk berkunjung ke banyak tempat. Seperti yang beberapa kali diunggahnya di media sosial instagram.

Mulai dari mengikuti gathering UKM Bultangkis Universitas Trisakti di Cisarua, Bogor, berpergian ke Malang hingga ke Timika Papua juga dijalani Vicky Angga Saputra tahun ini usai terdegradasi dari Pelatnas PBSI.