Hasil Pertandingan Bulutangkis SEA Games 2019: Firman Abdul Kholik Langsung Tumbang

Kamis, 5 Desember 2019 10:23 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Humas PBSI
Pemain bulutangkis Indonesia, Firman Abdul Kholik, langsung tersingkir di ajang SEA Games 2019 di sektor tunggal putra setelah dikalahkan wakil Thailand. Copyright: © Humas PBSI
Pemain bulutangkis Indonesia, Firman Abdul Kholik, langsung tersingkir di ajang SEA Games 2019 di sektor tunggal putra setelah dikalahkan wakil Thailand.

INDOSPORT.COM - Pemain bulutangkis Indonesia, Firman Abdul Kholik, langsung tersingkir di ajang SEA Games 2019 Filipina di sektor tunggal putra setelah dikalahkan wakil Thailand, Sitthikom Thammasin, dengan skor 9-21 17-21.

Di pertandingan game satu babak pertama nomor perorangan yang berlangsung pada Kamis, 5 Desember 2019 itu, Sitthikom mampu mencuri dua poin terlebih dulu sebelum Firman Abdul Kholik meraih poin pertamanya. Meski demikian, wakil Thailand itu terus melejit sampai unggul 7-2 atas lawannya.

Permainan cepat Sitthikom tampaknya benar-benar tidak bisa dibendung oleh Firman Abdul Kholik. Lawan terus mengumpulkan poin tanpa memberikan kesempatan bagi wakil bulutangkis Indonesia untuk 'bernapas'. Hingga akhirnya, bintang Thailand itu unggul 11-3 sampai jeda.

Usai interval, Firman sukses memperkecil kedudukan dengan dua poin berturut-turut. Meski secara performa dirinya tampil lebih baik, tapi poin yang ia miliki sudah terlanjur jauh dari wakil Thailand itu. Sehingga, Thammasin Sitthikom sukses memenangkan game pertama dengan skor telak 21-9.

Pada game ke-2, Sitthikom juga masih tetap ganas seperti game pertama. Namun, setidaknya pebulutangkis Indonesia lebih spartan kali ini. Sehingga, selisih poin yang ia alami pun tidak selebar sebelumnya. Bahkan, ia sempat mampu menyamakan kedudukan 7-7, 8-8, 9-9 meski tetap tertinggal 9-11 sebelum interval.

Usai jeda, ia pun kembali bisa menyamakan kedudukan 11-11 dan 12-12 bahkan unggul 13-12. Firman memang wajib menang di game ini untuk bisa menjaga peluang lolos perempatfinal. Hal ini membuat dua kubu kejar-kejaran poin dengan sengit. Meski demikian, Sitthikom tetap menang 21-17 pada akhirnya.

Dengan kekalahan ini, Firman Abdul Kholik gagal melaju ke perempatfinal cabang bulutangkis nomor perorangan SEA Games 2019. Untungnya, wakil Indonesia lainnya di tunggal putra yang bernama Shesar Hiren Rhustavito bisa melaju ke babak selanjutnya setelah menyingkirkan Leng Sopheaktra dari Kamboja dengan skor 21-4 dan 21-11.