Hasil Pertandingan SEA Games 2019: Kalah, Rinov/Pitha Gagal ke Semifinal

Minggu, 8 Desember 2019 14:12 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Rinov Rivaldi/Phita Haningtyas Melati vs Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie di semifinal SEA Games 2019. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Rinov Rivaldi/Phita Haningtyas Melati vs Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie di semifinal SEA Games 2019.

INDOSPORT.COM – Laga All Indonesian Final gagal terjadi setelah ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari kalah atas wakil Malaysia, Goh Soon Huat/Lai Shevon Jamie di babak semifinal bulutangkis SEA Games 2019, Minggu (08/12/19).

Dalam pertandingan yang berlangsung di Muntinlupa Sports Complex, Filipina, Rinov/Phita gagal meraih tiket menuju babak final usai ditumbangkan oleh wakil Malaysia lewat rubber games dengan skor 21-18, 11-21, 22-14 dalam waktu 50 menit.

Pada game pertama, Rinov/Phita tampil kurang percaya diri membuat mereka tertinggal 4-8. Namun, wakil Indonesia telah menemukan ritme permainannya dan mampu membalikan kedudukan di interval pertama 11-10.

Kejar-kejaran poin terus terjadi, kedua wakil sama-sama bermain ngotot untuk mengamankan babak pertama 17-16. Namun kegigihan Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari mampu memenangkan game pertama dengan skor 21-18.

Goh Soon Huat/Lai Shevon Jamie mencoba memberikan perlawanan membuat Rinov/Phita tertinggal 7-10 dan terus mencoba menekan saingan beratnya dengan skor 8-11 menutup interval kedua.

Unggulan dua Malaysia terus memperlebar jarak menjadi 11-17. Perlawanan Goh/Lai seolah membuat Rinov/Phita tak berdaya dan game kedua SEA Games 2019 berakhir dengan skor 11-21.

Rubber games dilanjutkan dengan perjuangan Rinov/Phita untuk mengejar ketertinggalan 6-9, dan jarak semakin melebar menjadi 6-11 di interval ketiga. Namun wakil Indonesia terus mencoba membalikan kedudukan dan berhasil imbang 18-18.

Akan tetapi perasan keringat dan usaha yang dilakukan oleh Rinov/Phita gagal membuahkan hasil apik lantaran harus kalah 22-24 di game keempat usai melakoni rally sengit.

Kekalahan ini membuat langkah Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari harus terhenti sekaligus gagal membawa All Indonesian Final di SEA Games 2019 lantaran gagal menyusul pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang sukses melenggang ke babak final.