Hitungan Peluang Lolos Tunggal Putra Indonesia BWF World Tour Finals 2019: Ginting Lebih Berpeluang dari Jojo

Rabu, 11 Desember 2019 14:11 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT
Jonatan Christie dan Anthony Ginting menjadi harapan Indonesia bisa bersaing di sektor tunggal putra turnamen bulutangkis BWF World Tour Finals 2019. Copyright: © INDOSPORT
Jonatan Christie dan Anthony Ginting menjadi harapan Indonesia bisa bersaing di sektor tunggal putra turnamen bulutangkis BWF World Tour Finals 2019.

INDOSPORT.COM - Jonatan Christie dan Anthony Ginting menjadi harapan Indonesia bisa bersaing di sektor tunggal putra turnamen bulutangkis BWF World Tour Finals 2019, berikut peluangnya.

Indonesia memiliki dua wakil di sektor tunggal putra turnamen bulutangkis BWF World Tour Finals 2019. Jonatan Christie sebagai unggulan ketiga turnamen dan Anthony Ginting sebagai unggulan keenam.

Melihat status unggulan yang disandang keduanya, Indonesia memang akan lebih layak untuk menaruh harapan ke Jonatan Christie. Namun jika melihat posisi keduannya di fase grup. Peluang untuk lolos ke semifinal justru lebih besar ada di Anthony Ginting, dibandingkan Jonatan Christie.

Peluang Jonatan Christie

Anthony Ginting berada di grup B, bersama unggulan kedua Chou Tien Chen, unggulan keempat Chen Long dan unggulan kelima Viktor Axelsen.

Sementara Jonatan Christie di grup A bersama unggulan pertama Kento Momota, unggulan ketujuh Anders Antonsen dan unggulan kedelapan Wang Tzu Wei.

Berbekal status unggulan Jonatan Christie, terkesan diuntungkan. Namun nyatanya justru sebaliknya. Jojo -sapaan akrabnya- justru harus berjuang ekstra keras menghadapi lawan-lawannya.

Sebab, di antara ketiga pesaingnya itu, Jonatan Christie lebih sering kalah dibandingkan menang. Terekam dalam catatan head to head, di mana melawan Kento Momota, Jonatan Christie tertinggal 1-3, melawan Wang Tzu Wei kalah 2-5. Hanya atas Anders Antonsen, Jonatan Christie bisa unggul 3-2.

Melihat catatan itu, maka akan berat buat Jonatan Christie untuk bisa lolos ke semifinal. Terutama jika masih berharap lolos sebagai juara grup. Harapannya kini kemungkinan besar hanya akan ada di posisi runner up untuk Jonatan Christie.

Peluang Anthony Ginting

Sebaliknya Anthony Ginting yang berat di grup B, dengan lawan-lawan yang secara status unggulan lebih baik darinya, justru lebih berpeluang besar.

Berkebalikan dari Jonatan Christie, Anthony Ginting justru memiliki keunggulan head to head dari dua lawannya. Tanpa satupun ada catatan tertinggal.

Melawan Chou Tien Chen, Anthony Ginting unggul head to head 6-4. Dengan kedudukan yang sama Anthony Ginting juga unggul dari Chen Long. Justru melawan Axelsen, Anthony Ginting hanya bisa imbang 2-2 dalam catatan head to head.

Berbekal catatan tersebut, meski menjadi pemain yang paling tak diunggulkan, Anthony Ginting justru pantas diunggulkan untuk lolos ke semifinal BWF World Tour Finals 2019, bahkan sebagai juara grup.

Maka dari itu, jika hitungan di atas benar terwujud, maka menjadi keuntungan buat Indonesia. Sebab Jonatan Christie dan Anthony Ginting tak akan berjumpa di semifinal BWF World Tour Finals 2019.