Rekap Gelar Bulutangkis Indonesia Selama 2019: Sapu Gelar Bergengsi

Selasa, 17 Desember 2019 19:27 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Seluruh turnamen bergengsi di tahun 2019 telah resmi berakhir, inilah rekap gelar bulutangkis yang berhasil diraih oleh wakil Indonesia.Foto Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Seluruh turnamen bergengsi di tahun 2019 telah resmi berakhir, inilah rekap gelar bulutangkis yang berhasil diraih oleh wakil Indonesia.Foto Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Seluruh turnamen bergengsi di tahun 2019 telah resmi berakhir, inilah rekap gelar bulutangkis yang berhasil diraih oleh wakil Indonesia.

Sejak dibuka oleh turnamen Thailand Masters 2019 pada 8-13 Januari dan ditutup dengan turnamen BWF World Tour Finals yang telah resmi bergulir pada 11-15 Desember lalu, Indonesia tercatat berhasil melakukan sapu bersih di event-event besar bergengsi di sektor ganda putra.

Di turnamen BWF World Tour, Indonesia tercatat berhasil mengantongi 19 gelar pada seluruh turnamen yang telah bergulir mulai Januari hingga Desember lalu di tahun 2019.

19 gelar tersebut berasal dari turnamen BWF World Tour Finals 2019, China Open, All England, Indonesia Open, Japan Open, 2 gelar Denmark dan French Open, Fuzhou China Open, Malaysia Masters, Indonesia Masters, India Open, Korea Open, Thailand Open, Swiss Open, 2 gelar New Zealand Open, dan Australia Open.

Sementara untuk kelas BWF World Tour Super 100 Indonesia tercatat berhasil memenangi 7 gelar bergengsi di sepanjang tahun 2019 ini, dimulai dari turnamen China Masters hingga Saarlorlux Open 2019.

7 gelar tersebut berasal dari 3 gelar Russian Open, Hyderabad Open, Akita Masters, Vietnam Open dan Indonesia Masters yang digelar di Malang.

Sementara di event-event major seperti Kejuaraan Dunia, SEA Games, Indonesia juga berhasil mencuri setidaknya satu medali emas. Hanya di turnamen Badminton Asia Championships saja, Indonesia yang absen gelar.

Di SEA Games 2019, wakil bulutangkis Indonesia setidaknya berhasil meraih tiga medali emas di kategori beregu putra, ganda putri dan ganda campuran.

Dari paparan di atas, setidaknya wakil Indonesia sudah berhasil meraih 30 gelar di tahun 2019 pada seluruh turnamen yang diselenggarakan BWF dan semoga di tahun 2020, prestasi yang diraih akan jauh lebih hebat.

Berikut INDOSPORT sajikan total raihan gelar wakil bulutangkis Indonesia di sepanjang tahun 2019:

Turnamen Jumlah
BWF World Tour 19 gelar
BWF World Super 100 7 gelar
Kejuaraan Dunia Bulutangkis 1 medali emas
SEA Games 2019 3 medali emas