5 Aksi Kevin/Marcus yang Paling Tengil di Sepanjang Tahun 2019

Kamis, 19 Desember 2019 16:50 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Shi Tang/Getty Images
Kevin Sanjaya/Marcus Gideon masih bertahan sebagai pasangan ganda putra nomor satu dunia. Sama halnya seperti aksi tengil mereka yang masih terus menghiasi beberapa pertandingan tahun ini. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Kevin Sanjaya/Marcus Gideon masih bertahan sebagai pasangan ganda putra nomor satu dunia. Sama halnya seperti aksi tengil mereka yang masih terus menghiasi beberapa pertandingan tahun ini.

INDOSPORT.COM - Kevin Sanjaya/Marcus Gideon masih bertahan sebagai pasangan ganda putra nomor satu dunia. Sama halnya seperti aksi tengil mereka yang masih terus menghiasi beberapa pertandingan tahun ini.

Pasangan Indonesia Kevin Sanjaya/Marcus Gideon sukses mempertahankan posisi mereka sebagai ganda putra nomor satu dunia hingga saat ini. 

Bertahan sebagai pasangan ganda putra nomor satu dunia berkat raihan delapan gelar juara sepanjang tahun 2019, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon pun terus mencuri perhatian dengan aksi tengilnya di atas lapangan, yang tak sedikitpun berkurang.

Kerap kali aksi Kevin Sanjaya/Marcus Gideon mencuri perhatian penikmat bulutangkis dunia, bahkan kerap menyulut emosi lawannya di atas lapangan.

Untuk itu INDOSPORT coba merangkumkan kembali lima jenis aksi tengil Kevin Sanjaya/Marcus Gideon di atas lapangan sepanjang tahun 2019 ini. Berikut ringkasannya.

Loncat-Loncat di Depan Net

Salah satu aksi tengil yang dilakukan pasangan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon di tahun 2019 ini terjadi dalam gelaran Indonesia Open di bulan Juli lalu.

Kelakuan tengil tersebut yakni ketika Kevin Sanjaya melakukan aksi loncat-lontat di depan net, kendati shuttlecock justru di pukul Marcus Gideon.

Aksi tengil Kevin Sanjaya itu terjadi di babak perempatfinal Indonesia Open 2019 saat melawan wakil China, Ou Xuan Yi/Zhang Nan.

Hasilnya terbukti, bukan hanya terkesan tengil, aksi Kevin Sanjaya itu mampu mengecoh Ou Xuan Yi/Zhang Nan. Hingga akhirnya menang dua set langsung 12-12 dan 21-16.

Tarian Balerina

Aksi tengil berikutnya yang tak kalah mencolok dilakukan pasangan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon terjadi di Japan Open 2019. Tepatnya di babak perempatfinal kala bersua pasangan Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Kala itu lewat Kevin Sanjaya, melakukan aksi tengil layaknya balerina menari di depan net. Aksi tersebut terjadi ketika rally berlangsung di kedudukan 20-15 untuk keunggulan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon.

Aksi serupa balerina itu dilakukan Kevin Sanjaya saat membalikan shuttlecock dengan teknik backhand dan dilengkapi dengan gaya memutar dan juga sedikit tambahan gerakan 'mengejek' ke arah lawannya.

Selain di Japan Open, aksi ala balerina tersebut juga sempat terlihat dalam pertandingan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon di Malaysia Master.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by BADMINTON FOR FUN - OPEN PP (@ftosports) on

Pura-pura Memukul

Aksi tengil berikutnya yang sempat terekam dari Kevin Sanjaya/Marcus Gideon pada tahun 2019 ini adalah gaya pura-pura memukul yang dilakukan Kevin Sanjaya di French Open Oktober silam.

Saat itu melawan pasangan China Di Zi Jian/Wang Chan di babak pertama, Kevin Sanjaya melakukan aksi pura-pura memukul untuk mengakhiri rally panjang yang terjadi.

Mengetahui pukulan lawannya akan keluar, Kevin seolah hendak memukul shuttlecock, namun justru membiarkannya. Yang menjadi menarik dari aksi Kevin tersebut, dirinya bukan hanya melepas bola setelah sempat terlihat hendak memukul.

Namun juga adanya aksi lanjutan berupa melayangkan raket ke depan menuju net, seakan meledek lawannya, yang membuat aksi tersebut semakin terlihat tengil.

Pukulan Tanpa Melihat

Jika di sepak bola ada aksi menendang tanpa melihat yang sering ditunjukan penyerang Liverpool, Roberto Firmino, di bulutangkis pasangan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon juga sempat menunjukan aksi tengil serupa.

Sama seperti aksi sebelumnya di atas, aksi tengil itu terjadi di Japan Open kala berhadapan melawan Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by BADMINTON FOR FUN - OPEN PP (@ftosports) on

Aksi tersebut terjadi dalam kedudukan 2-1 di awal set kedua. Diawali service pasangan Malaysia, Kevin Sanjaya tak butuh waktu lama untuk mengamankan poin dengan pukulan keras sambil memalingkan wajah sehingga lawannya terkecoh. 

Gestur Pegang Telinga

Bukan hanya di atas lapangan saat beradu pukulan, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon sempat melakukan aksi tengil saat melipir ke samping lapangan.

Terjadi di semifinal Japan Open 2019 kala melawan Li Jun Hui/Liu Yu Chen. Kala itu dalam situasi pertandingan yang memanas, Kevin Sanjaya melakukan gestur memegang telinga sambil mengarahkan pandangan ke pasangan Malaysia.

Tak jelas betul bagaimana aksi tersebut bermula, namun apa yang dilakukan Kevin Sanjaya sampai menarik perhatian publik bulutangkis dunia.