Ini Syarat Berat Pasangan Baru Tontowi/Apriyani untuk Bisa Ikut Thailand Masters

Jumat, 20 Desember 2019 19:41 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tontowi Ahmad/Apriyani Rahayu hanya bisa tampil di Thailand Masters 2020 jika ada delapan pasangan ganda campuran yang mengundurkan diri. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tontowi Ahmad/Apriyani Rahayu hanya bisa tampil di Thailand Masters 2020 jika ada delapan pasangan ganda campuran yang mengundurkan diri.

INDOSPORT.COM – Tontowi Ahmad/Apriyani Rahayu resmi diikutsertakan PBSI untuk ajang Thailand Masters, 21-26 Januari 2020 mendatang. Namun, wajah lama yang baru dipasangkan ini punya syarat yang berat untuk bisa tampil di ajang tersebut.

Dilansir dari BadmintonTalk, Tontowi/Apriyani berstatus sebagai nomor delapan reserves list (daftar tunggu) di Thailand Masters 2020. Artinya, mereka hanya bisa tampil dengan catatan ada delapan pasangan yang mengundurkan diri.

Tak hanya itu, reserves list itu berlaku untuk babak kualifikasi. Jika ada delapan pasangan yang mundur, Tontowi/Apriyani akan memulai kiprahnya dari babak pertama kualifikasi. Mereka nantinya perlu memenangkan dua laga kualifikasi untuk bisa ke main draw.

Reserves list ini sebenarnya bisa dikatakan sebagai keistimewaan. Baik Tontowi maupun Apriyani sama-sama pernah menempati sepuluh besar dunia di sektor masing-masing. Dengan hal itu, keduanya diberikan kesempatan meski belum ada peringkat.

Selain Tontowi/Apriyani, Indonesia dipastikan akan menurunkan ganda andalannya seperti Hafiz Faizal/Gloria Emmanuelle Widjaja dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. Pada gelaran tahun lalu, keduanya tercatat tak berpartisipasi.

Selain itu, Winny Oktavina Kandow, yang sebelumnya menjadi pasangan Tontowi Ahmad, akan turun bersama Akbar Bintang Cahyono. Akbar/Winny sendiri berhasil menembus babak perempatfinal Thailand Masters 2019.

Dengan segenap pengalamannya, Tontowi Ahmad/Apriyani Rahayu dinilai mampu melaju jauh jika mendapat kesempatan bermain di Thailand Masters 2020. Sejak digelar pada 2016, belum ada ganda campuran Indonesia yang menjuarai turnamen ini.