Pelatih Asal Indonesia Sebut Kerja Sama Tim Ganda India Bermasalah

Sabtu, 28 Desember 2019 19:52 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Isman Fadil
© Dokumentasi Pribadi
Pelatih asal Indonesia, Flandy Limpele menyebut kalau kerja sama di tim ganda putra India masih sangat-sangat tidak baik. Copyright: © Dokumentasi Pribadi
Pelatih asal Indonesia, Flandy Limpele menyebut kalau kerja sama di tim ganda putra India masih sangat-sangat tidak baik.

INDOSPORT.COM - Pelatih bulutangkis asal Indonesia, Flandy Limpele menyebut kalau kerja sama di tim ganda putra India masih sangat-sangat tidak baik.

Kedatangan Flandy Limpele di sektor ganda putra India bisa dibilang telah membawa banyak perubahan. Setidaknya dari yang perkembangannya lambat, kini sudah mulai mengalami perkembangan perlahan-lahan.

Kendati demikian, Flandy Limpele tetap menyebut bahwa kerja sama tim antara pemain ganda putra putra dan buruknya attitude mereka tetap menjadi salah satu masalah saat ini.

"Hal itu ada hubungannya dengan sikap para pemain. Ini menjadi masalah di tim ganda karena kerja sama sangat dibutuhkan di tim," katanya.

"Ini bukan olahraga individu, jadi Anda membutuhkan pasangan yang peduli, Anda perlu berlatih dan memacu bersama, saling memotivasi satu sama lain," ujar Flandy Limpele dikutip dari media sportstar.thehindu.com.

Flandy Limpele pun menyebut kalau pemain ganda putra wajib memiliki target yang sama dan tidak boleh berpikir terlalu individualis.

"Mereka harus memiliki target yang sama, harus berada di halaman yang sama, jika tidak, tidak mungkin memenangkan turnamen. Kadang-kadang mereka tidak menerima ide-ide saya, tidak berusaha dengan lebih baik, mereka berpikir secara individu, bukan sebagai tim," lanjutnya.

Tetapi untuk saat ini Flandy Limpele menyebut kalau terjadinya perubahan pola pikir di sektor ganda putra India berhasil memicu sedikit demi sedikit kebangkitan sektor ganda putra.

"Semua negara memiliki budaya yang berbeda tetapi sebagai pelatih saya memiliki ide-ide saya sendiri yang ingin saya ubah. Masalahnya, tidak terlalu sulit untuk melakukan itu, jika mereka bisa melakukannya, ganda putra akan cepat berkembang di India," tambahnya.

Flandy pun menyebut jika keberhasilan pasangan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty saat ini adalah karena keduanya mau menerima dengan tangan terbuka masukan-masukan dari Flandy Limpele dan menjalankannya dengan baik di lapangan.

“Sebagai seorang pelatih, tugas saya adalah mengubah semua itu, membuat kerja tim yang baik, dan saya akan mencoba melakukan itu, begitulah cara Satwik dan Chirag muncul. Mereka paling menerima ide-ide saya dan hasil telah menunjukkan. Saya di sana untuk membantu," pungkasnya.

Flandy Limpele diketahui akan menjadi pelatih ganda putra India hingga Olimpiade Tokyo 2020 dan sejauh ini kehadirannya di ganda putra India cukup memberikan peningkatan yang signifikan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%