Evaluasi Ganda Campuran Indonesia di Malaysia Masters 2020: Antara Kualitas dan Mental

Minggu, 12 Januari 2020 20:54 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© PBSI
Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle dan Praveen Jordan/Melati Daeva gagal mempersembahkan juara di Malaysia Masters 2020, karena faktor mental? Copyright: © PBSI
Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle dan Praveen Jordan/Melati Daeva gagal mempersembahkan juara di Malaysia Masters 2020, karena faktor mental?

INDOSPORT.COM - Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle dan Praveen Jordan/Melati Daeva gagal mempersembahkan juara di Malaysia Masters 2020, karena faktor mental?

Indonesia langsung dikejutkan di awal-awal turnamen bulutangkis Malaysia Masters 2020, di saat pasangan ganda campuran andalan tanah air, Praveen Jordan/Melati Daeva sudah tersingkir di putaran pertama.

Praveen Jordan/Melati Daeva tersingkir setelah kalah dari pasangan kualifikasi tuan rumah, Man Wei Chong/Pearly Tan dalam pertandingan dua set langsung18-21 dan 13 21.

Kekalahan itu jelas menjadi ironi tersendiri. Karena secara peringkat Praveen Jordan /Melati Daeva jelas jauh unggul dari Man Wei Chong/Pearly Tan yang ada di ranking 89 dunia. Selain itu, sang lawan sebenarnya juga belum pernah sekalipun meraih kemenangan di turnamen bulutangkis berlevel BWF Super 500.

Praveen Jordan/Melati Daeva yang datang ke Malaysia Masters 2020 dengan target semifinal, di pertandingan itu seakan tak siap, ketika Man Wei Chong/Pearly Tan bisa bermain lepas di depan pendukungnya sendiri.

Beberapa kali Praveen melakukan kesalahan saat mencoba membalikan shuttlecock. Baik itu melebar atau menyangkut di net. Sebaliknya Man Wei Chong/Pearly Tan justru bisa menerapkan strategi dengan baik. Dengan terus memberikan smash tajam ke tubuh Praveen/Melati, hingga wakil Indonesia itu kehilangan poin.

Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle 

Beruntung memang kekalahan Praveen Jordan/Melati Daeva dari Man Wei Chong/Pearly Tan bisa dibalaskan langsung oleh Hafiz faizal/Gloria Emanuelle di putaran kedua. Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle sukses mengalahkan wakil Malaysia itu dua set langsung 21-12 dan 21-14.

Selain sukses membalaskan dendam, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle juga terhitung merupakan wakil Indonesia yang paling sukses di ganda campuran Malaysia Masters 2020. Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle bisa terus melaju hingga babak semifinal.

Dari permainan sendiri sebenarnya tak ada yang istimewa dari Hafiz faizal/Gloria Emanuelle. Mereka hanya bisa tampil dengan tenang, sehingga bisa menunjukkan kualitas bagus mereka, di hadapan lawan-lawan yang di atas kertas memang sebenarnya masih jauh di bawah keduanya.

Baru di semifinal, ketika menghadapi unggulan pertama dari China Zheng Siwen/Huang Yaqiong, kualitas Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle terlihat jelas masih tertinggal.

Sebab Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle sebenarnya masih bisa menguasai pertandingan di awal-awal set, namun setelah Zheng Siwen/Huang Yaqiong balik memimpin, Hafiz faizal/Gloria Emanuelle terlihat sekali tertinggal segalanya dari ganda campuran China itu. Baik secara kualitas teknik, maupun mental di atas lapangan.

Dari hasil dua pasangan unggulan tanah air Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle dan Praveen Jordan/Melati Daeva terlihat jelas masalah mental masih menjadi pekerjaan rumah. Selain kualitas yang masih sedikit tertinggal dari beberapa pasangan unggulan.

Sebab meski sebenarnya masih sedikit kalah kualitas dari lawan-lawannya, andai Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle dan Praveen Jordan/Melati Daeva bisa menguatkan mentalnya kala menghadapi tekanan, setidaknya mereka tidak tersingkir dari lawannya di Malaysia Masters 2020 dalam pertandingan dua set langsung.