Pakai Judul Nyeleneh, Media Asing Soroti Indonesia yang Mundur dari China Masters

Selasa, 28 Januari 2020 22:39 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© sports.sindonews.com
Organisasi bulutangkis Indonesia, PBSI, menjadi sorotan media asing usai mundur dari kompetisi China Masters 2020. Copyright: © sports.sindonews.com
Organisasi bulutangkis Indonesia, PBSI, menjadi sorotan media asing usai mundur dari kompetisi China Masters 2020.

INDOSPORT.COM ­– Wabah virus Corona yang terjadi di Wuhan, China, tengah menjadi perhatian dunia. Akibat wabah virus tersebut, Skuat Indonesia dikabarkan mundur dari turnamen China Masters 2020 dan ini menjadi sorotan salah satu media asing bulutangkis, 360badminton.

Sebelumnya Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Susy Susanti memberikan klarifikasi lengkap soal mundurnya skuat Indonesia dari turnamen China Masters 2020 karena wabah virus Corona.

Sebagaimana diketahui, wabah virus corona sudah memakan korban jiwa hingga 80 orang di China sampai Senin (27/01/20) lalu . Sehingga, akan sulit untuk melakukan aktivitas di Negeri Tirai Bambu sekaligus menghindari infeksi virus.

PBSI pun memutuskan menarik keikutsertaan tim bulutangkis dari kejuaraan Lingshui China Masters 2020 yang rencananya akan dilangsungkan pada 25 Februari hingga 1 Maret 2020 mendatang.

Jika melihat rencana sebelumnya, PBSI akan mengirimkan 44 pemain dari berbagai nomor untuk terjun ke kompetisi level Super 100 itu, termasuk Juara Dunia Junior 2019 lalu, yakni Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

 "Kita kan lihat ya kalau situasi di China kurang kondusif, di mana wabah juga mulai menyebar dan bukan di Wuhan saja, ini juga yang membuat kita, semua pimpinan PP PBSI memutuskan untuk mengcancel ke turnamen China Masters setelah berkomunikasi dengan BWF," ujar Susy Susanti kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT.

Mundurnya skuat Indonesia dari ajang China Masters 2020 nyatanya menjadi sorotan media asing asal India, 360badminton. Media India itu memberitakan mundurnya Indonesia dari China Masters 2020 dengan judul ‘Virus Corona Wuhan Mulai Mempengaruhi Dunia Bulutangkis’.

© 360badminton
PBSI menjadi sorotan media asing usai mundur dari China Masters 2020 Copyright: 360badmintonPBSI menjadi sorotan media asing usai mundur dari China Masters 2020

Menggunakan judul cukup unik, 360badminton menjabarkan soal ketidakinginan PBSI dan Susy Susanti untuk mengirimkan wakil Indonesia ke China, yang saat ini mengalami situasi darurat virus Corona.

360badminton juga mengatakan bila PBSI dan Susy Susanti tak ingin mengambil resiko mengirimkan skuat Indonesia ke China hanya untuk bermain bulutangkis di kompetisi kelas 100 tersebut.

Di sisi lain, Susy Susanti mengatakan kalau tindakan ini adalah bentuk pencegahan dari mereka karena menyangkut dengan regenerasi dari bulutangkis Indonesia.

"Karena dengan situasi saat ini, kita tidak mau ambil risiko, atlet-atlet ini kan juga harus kita jaga ya, jangan sampai amit-amit ada yang ketular, sakit, karena ini akan menyangkut dengan prestasi jangka panjang," lanjutnya.

"Ya, walaupun belum ada travel warning, tapi kita kan harus jaga sendiri karena dampaknya tidak akan bagus, karena kita mikirnya terjelek ya, jadi kita sudah pasti mengcancel ke China Masters ya," pungkasnya.

Dikabarkan terkait dengan situasi wabah virus Corona, besar kemungkinan untuk turnamen Badminton Asia Championships 2020 dipindahkan dari China untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

IDS Emoticon Suka
Suka
16%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
11%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
32%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
5%
IDS Emoticon Takut
Takut
5%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
32%