Raja Ganda Putra Curhat Perjuangan Sulit Lawan Malaysia di Olimpiade1996

Kamis, 27 Februari 2020 15:31 WIB
Penulis: Ayudya Ratna | Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT
Legenda Ganda Putra Bagikan Sulitnya Perjuangan Lawan Malaysia di Olimpiade 1996 Copyright: © INDOSPORT
Legenda Ganda Putra Bagikan Sulitnya Perjuangan Lawan Malaysia di Olimpiade 1996

INDOSPORT.COM - Ricky Achmad Soebagdja, mantan ganda putra Tanah Air yang menyumbang emas Olimpiade 1996 bersama Rexy Mainaky beberkan beban yang dihadapi saat lawan Malaysia.

Ricky Achmad Soebagdja/Rexa Mainaky sukses membawa pulang medali emas Olimpiade 1996 yang digelar di Atlanta. Ricky/Rexy menekuk wakil Malaysia, Cheah Soon Kit/Yap kim Hock, 5-15, 15-13, 15-12. 

Perjuangannya di babak final, dikatakan Ricky berlangsung cukup menegangkan. Mereka kalah jauh di game pertama, karena pola main mereka tak bisa berjalan normal. Rasa tegang terus berkecamuk sepanjang laga pembukanya itu.

Apalagi Cheah/Yap merupakan salah satu musuh bebuyutan mereka, yang tak mudah juga untuk dikalahkan. 

Ricky menyebut, lawan terberatnya kala itu merupakan pemain Malaysia dan tentunya rekan sesama pemain Indonesia. Ganda putra China dan Korea dinilai Ricky saat itu belum menjadi kendala baginya.

“Di lapangan saat bertanding di final, pada saat main kami kalah game pertama. Saya tidak bisa komunikasi dengan baik bersama Rexy. Ya itu permasalahannya, muncul kekhawatiran yang luar biasa. Rexy pun sama, kerasa tegangnya," ujar Ricky, dilansir dari laman resmi PBSI. 

"Saya hanya berusaha, bahwa pertandingan belum selesai. Rexy juga kan mainnya harus meledak di lapangan. Kalau enggak dia jadi susah mainnya. Di game pertama permainan Rexy hampir nggak keluar, kami kalah jauh 5-15," lanjutnya. 

Ricky menambahkan, Christian Hadinata, sebagai pelatih tidak membebani mereka, malah memberi wejangan supaya main rileks. Namun, tetap saja keduanya terus dihantui rasa khawatir di lapangan.

“Setelah kalah di game pertama, untuk membalikkan pikiran dan fokus, saya ingat-ingat lagi bahwa saya sudah punya persiapan yang baik. Harus yakin di situ,” pungkas Ricky.

Ricky/Rexy merupakan ganda terkuat pada masa itu. Berbagai gelar telah mereka raih, lawan-lawan yang mengadang pun mampu mereka atasi. Emas Olimpiade seolah mengukuhkan gelar mereka sebagai pasangan ganda putra yang tak terkalahkan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%