3 Catatan Istimewa Endo/Watanabe Usai Permalukan Kevin/Marcus di Final All England 2020

Senin, 16 Maret 2020 05:52 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Coro Mountana
 Copyright:

INDOSPORT. COM - Sejumlah catatan istimewa berhasil diraup pasangan ganda putra Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe, pasca mempermalukan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon di final All England 2020.

Laga menarik tersaji dalam final ganda putra All England 2020, Minggu (15/03/20) malam kemarin. Dua pasangan asal Jepang dan Indonesia, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe vs Kevin Sanjaya/Marcus Gideon terlibat pertarungan ketat untuk memperebutkan gelar juara.

Set pertama lebih dulu bisa dimenangkan Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe 21-18. Memasuki set kedua, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon mampu bangkit dan menang 21-12.

Berlanjut ke set ketiga yang merupakan babak penentu pemenang laga, pertarungan kian berlangsung dramatis. Kevin/Marcus yang terus tertinggal dari Endo/Watanabe, sempat membalikkan keadaan menjadi 19-18.

Namun dewi fortuna berpihak kepada Endo/Watanabe. Set ketiga sukses dimenangkan Endo/Watanabe 21-19, sekaligus memastikan mereka sebagai jawara ganda putra All England 2020.

Kemenangan yang diraih atas Kevin/Marcus pun mengandung makna besar untuk Endo/Watanabe. Berkat hasil tersebut, Endo/Watanabe sukses meraup sejumlah catatan istimewa sekaligus.

Catatan istimewa pertama, berkaitan dengan peluang Endo/Watanabe ke ajang Olimpiade Tokyo 2020. Menurut data Badminton Talk, Endo/Watanabe kini telah dipastikan bisa lolos ke Olimpiade berkat gelar juara All England 2020.

Namun Badminton Talk menekankan, catatan Endo/Watanabe pasti lolos ke Olimpiade hanya berlaku jika peraturan kualifikasi masih sama seperti biasanya. Maklum saja, dunia kini sedang gempar melawan virus corona, dan berpotensi ada penyesuaian peraturan khusus.

Catatan istimewa yang kedua, mengarah kepada rekor fantastis bulutangkis Jepang. Menurut data Badminton Talk, Endo/Watanabe jadi pasangan ganda putra pertama Jepang yang bisa meraih gelar juara di ajang All England.

Catatan istimewa yang terakhir, lebih ke soal juara umum. Keberhasilan Endo/Watanabe mempermalukan Kevin/Marcus, membuat Jepang keluar sebagai juara umum All England 2020.

Sebelum Endo/Watanabe, Jepang telah lebih dulu menempatkan wakilnya, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, menjadi juara nomor ganda putri. Ditambah Endo/Watanabe, Jepang total meraih dua titel di All England 2020, atau yang paling banyak di antara negara peserta lainnya termasuk Indonesia yang hanya punya 1 gelar.