Diminta Segera Pensiun, Ini Jawaban Cuek Lin Dan

Kamis, 19 Maret 2020 16:20 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Shi Tang/Getty Images
Sering kalah dan dinilai sudah semakin tua, banyak pihak yang meminta pebulutangkis Lin Dan untuk segera pensiun, lantas bagaimana jawaban sang pemain? Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Sering kalah dan dinilai sudah semakin tua, banyak pihak yang meminta pebulutangkis Lin Dan untuk segera pensiun, lantas bagaimana jawaban sang pemain?

INDOSPORT.COM - Sering kalah dan dinilai sudah semakin tua, banyak pihak yang meminta pebulutangkis Lin Dan untuk segera pensiun, lantas bagaimana jawaban sang pemain?

Semuanya pasti sudah tahu siapa saja bagaimana kehebatan seorang Lin Dan di masa lalu. Dia berhasil meraih banyak gelar Super Series, meraih dua medali emas Olimpiade dan masih banyak lagi kehebatan-kehebatan suami dari Xie Xingfang tersebut yang tidak bisa disebutkan satu per satu.

Namun kini, dengan seiring bertambahnya waktu dan usia yang pelan-pelan menggerogotinya, pamor Lin Dan kian menurun. Ia tidak secepat dulu, tetapi semangat juangnya masih sangat luar biasa.

Di tengah usia dan tenaga yang sudah tidak seperti dulu lagi, pebulutangkis Lin Dan harus menghadapi kenyataan bahwa dirinya saat ini bersaing dengan pebulutangkis-pebulutangkis yang lebih muda darinya dan tentunya lebih kuat darinya.

Sehingga tak jarang, jika kita selalu melihat Lin Dan mengalami kekalahan di babak awal atau kedua dari suatu turnamen bulutangkis internasional yang diikutinya.

Kendati begitu, wakil China tersebut juga masih belum menyerah untuk mengincar tempatnya di Olimpiade Tokyo 2020 dan ia masih berusaha keras untuk itu.

Tetapi, banyak pihak yang menilai bahwa di usianya yang sekarang sudah menginjak 37 tahun menjadi waktu yang tepat bagi Lin Dan untuk berpamitan dengan dunia yang membesarkan namanya.

Namun Lin Dan pada kenyataannya tidak memusingkan perihal ocehan orang dan mengaku akan tetap fokus untuk mengamankan posisinya di Olimpiade Tokyo 2020.

"Saya tidak terlalu memperhatikan rumor. Saya pikir ini terlalu dini untuk berbicara tentang pensiun. Saya tidak akan menyerah untuk mencoba lolos ke Olimpiade 2020 sampai menit terakhir. Ini (kerugian) itu sulit, tetapi juga bermakna," ujar Lin Dan dikutip dari media china.org.cn.

Pebulutangkis Lin Dan baru saja berjuang di All England 2020 dan berhasil mencapai babak kedua meskipun di babak tersebut, ia harus kalah dari Chen Long yang merupakan rekan senegaranya.