In-depth

Menengok Kembali Aksi Simon Santoso, Tunggal Putra Terakhir Juara Indonesia Open

Rabu, 8 April 2020 18:23 WIB
Editor: Coro Mountana
© Suhaimi Abdullah/Getty Images
Menengok Kembali Aksi Simon Santoso, Tunggal Putra Terakhir Juara Indonesia Open. Copyright: © Suhaimi Abdullah/Getty Images
Menengok Kembali Aksi Simon Santoso, Tunggal Putra Terakhir Juara Indonesia Open.

INDOSPORT.COM – Pada masa jayanya, Simon Santoso sempat digadang-gadang bakal menjadi penerus Taufik Hidayat, apalagi ia adalah tunggal putra terakhir yang bisa juara Indonesia Open.

Pebulutangkis tunggal putra yang lahir pada 29 Juli 1985 merupakan sosok yang sangat diandalkan sekitar 2010. Sejumlah gelar pun berhasil dimenangkan oleh Simon Santoso seperti SEA Games, Singapura Open, Denmark Open, hingga Indonesia Open.

Bahkan Simon Santoso sempat mencapai titik tertinggi dalam kariernya dengan menjadi nomor 3 dalam rangking dunia pada Agustus 2010. Tak heran bila Simon Santoso sempat disebut sebagai penerus Taufik Hidayat.

Salah satu pencapaian terbaik yang akan selalu diingat oleh pecinta bulutangkis nasional akan Simon Santoso tentu gelar Indonesia Open 2012. Pasalnya Simon Santoso adalah tunggal putra terakhir yang mampu jadi juara Indonesia Open.

Aksi Simon Santoso di Indonesia Open 2012

Sejatinya Simon Santoso hanya berada di unggulan ketujuh dalam ajang Indonesia Open 2012, di bawah Chen Long, Chen Jin, Peter Gade, Sho Sasaki, Lee Hyun-il dan Kenichi Tago. Namun Simon Santoso sanggup membuat kejutan dengan menjadi juara.

Perjuangan Simon Santoso dimulai dengan harus mengalahkan Sourabh Verma dari India dengan dua set langsung, 21-18 dan 21-14. Sukses mengalahkan Verma, Simon Santoso langsung dihadang oleh Vincent Wong Wing Ki di babak kedua.

© bwfbadminton.com
Pebulutangkis Hong Kong Vincent Wong Wing Ki keturunan Indonesia. Copyright: bwfbadminton.comPebulutangkis Hong Kong Vincent Wong Wing Ki keturunan Indonesia.

Simon Santoso nyaris saja tersingkir karena Wong Wing Ki sukses memberikan perlawanan sengit hingga rubber set sebelum akhirnya menyerah di skor 21-15, 16-21, 19-21. Sukses mengalahkan Wong Wing Ki, Simon Santoso langsung dihadapkan pada perang saudara.

Dionysius Hayom Rumbaka mencoba untuk menghentikan langkah Simon Santoso di babak perempatfinal Indonesia Open 2012. Namun Simon Santoso terlalu perkasa sehingga melenggang mulus ke semifinal dengan skor 21-17, 21-7.

Melangkah ke semifinal, Simon Santoso mendapatkan lawan sepadan dari India, Kashyap Parupalli. Sempat bermain alot, Simon Santoso akhirnya berhasil mengakhiri perlawanan Kashyap Parupalli dengan skor 21-15, 21-12.

Tibalah Simon Santoso di babak final Indonesia Open 2012 dengan menantang andalan China, Du Pengyu. Set pertama yang berhasil dimenangkan Simon Santoso dengan susah payah, 21-18 menjadi sia-sia setelah Du Pengyu mengambil set kedua, 21-13.

Di set penentuan, mental juara Simon Santoso menjadi penentu setelah mengakhiri pertandingan dengan skor 21-11. Setelah Simon Santoso, tidak ada lagi tunggal Indonesia yang bisa meraih gelar juara Indonesia Open.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%