Kevin/Marcus dan Ganda Putra Indonesia yang Pernah Duduki Peringkat Satu Dunia

Sabtu, 11 April 2020 18:48 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Para Ganda Putra Indonesia yang Pernah Duduki Peringkat Satu Dunia BWF Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Para Ganda Putra Indonesia yang Pernah Duduki Peringkat Satu Dunia BWF

INDOSPORT.COM - Selain Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, berikut para pasangan ganda putra bulutangkis Indonesia yang pernah menduduki peringkat satu dunia BWF.

Ganda putra sendiri memang menjadi nomor unggulan Indonesia dalam cabang olahraga badminton, tidak heran jika setiap tahun selalu muncul pasangan baru dan sukses mengharumkan Tanah Air.

Pada era saat ini, terdapat pasangan ganda putra Kevin Sanjaya/Marcus Gideon yang menjadi penguasa dan menduduki peringkat pertama BWF.

Kedua ganda putra tersebut memang tampil impresif sejak tahun 2017 lalu, di mana keduanya berhasil meraih sejumlah gelar juara BWF Superseries di tahun itu mulai dari Japan Open, China Open, Hong Kong Open hingga All England.

Raihan tersebut sukses dipertahankan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon pada tahun 2018, di mana keduanya kembali mampu meraih gelar juara All England, Asia Team Championships dan juga medali emas Asian Games.

Meski sempat mendapat persaingan ketat dari ganda putra Li Junhui/Liu Yuchen (China), Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe (Jepang), hingga rekan senegara Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, namun Kevin/Marcus berhasil mempertahankan peringkat pertama BWF mereka sampai saat ini.

Hingga Maret tahun 2020, pasangan ganda putra berjuluk The Minions tersebut telah mengumpulkan 106,853 poin, atau unggul sekitar 3000 poin dari Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di peringkat kedua dengan poin 97,557.

Sepanjang sejarah, sejatinya tidak cuma Kevin/Marcus yang menjadi perwakilan Indonesia di peringkat pertama BWF kategori ganda putra. Masih ada beberapa ganda putra Tanah Air yang juga pernah meraih hasil serupa, dan berikut INDOSPORT coba merangkum serta menulisnya.

Rexy Mainaky/Ricky Subagja
Nama pertama adalah Rexy Mainaky/Ricky Subagja, ganda putra Indonesia yang terkenal di era 90 an tersebut pernah menjadi tulang punggung dan andalan badminton Tanah Air.

Selama aktif bermain, Mainaky dan Subagja telah memenangkan lebih dari tiga puluh gelar internasional bersama, mulai dari emas Olimpiade Atlanta pada tahun 1996 , Kejuaraan Dunia IBF dua kali All England pada tahun 1995 dan 1996.

Puncak kejayaan Rexy Mainaky/Ricky Subagja terjadi pada tahun 1994 hingga 1998, keduanya secara berurutan meraih medali emas Olimpiade, Kejuaraan Dunia, Piala Dunia, Piala Thomas dan Asian Games.

Hendra Setiawan/Markis Kido
Berikutnya ada pasangan ganda putra Hendra Setiawan/Markis Kido, keduanya pernah menjadi unggulan dan andalan Indonesia pada tahun 2000 an.

Penampilan puncak Hendra Setiawan/Markis Kido terjadi di periode 2007, di mana mereka sukses meraih tiga gelar BWF Grand Prix dan BWR Super Series diantaranya adalah China Open, Hong Kong Open, dan Chinese Taipei Open.

Selain itu, Hendra Setiawan/Markis Kido juga berhasil meraih medali emas Southeast Asian Games serta juara World Championships, yang membuat keduanya merangsek naik ke peringkat pertama BWF pada September 2007.

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan
Selain berpasangan dengan Markis Kido, sosok Hendra Setiawan juga berhasil menorehkan prestasi ketika berpasangan dengan Mohammad Ahsan sejak 2012 lalu.

Keduanya beberapa kali keluar sebagai juara, dan salah satu catatan impresifnya saat meraih hattrick kejuaraan dunia pada tahun 2013, 2015 dan 2019.

Penampilan puncak ganda putra berjuluk The Daddies ini terjadi tahun 2013, keduanya sukses merengkuh lima gelar di ajang BWF Super Series dan membuat mereka merangsek ke peringkat pertama BWF pada November 2013 silam.

Selain tiga pasangan diatas, masih ada beberapa ganda putra Indonesia lain yang berhasil mengharumkan nama Tanah Air dan berprestasi di dunia badminton internasional.

Seperti Candra Wijaya/Sigit Budiarto, peraih medali emas Olimpiade Sydney 2000, dan juga All England tahun 1999. Ataupun Alvent Yulianto/Luluk Hadiyanto yang sempat menduduki peringkat pertama BWF.

Ganda putra legendaris Indonesia masih dipegang Tjun Tjun/Johan Wahyudi, pasangan yang tenar di tahun 1972 ini mampu menjuarai All England sebanyak enam kali pada tahun 1974, 1975, 1977, 1978, 1979 dan 1980.