Duet Hendra Setiawan dengan Pemain Malaysia Saat Tinggalkan Pelatnas, Sukses?

Rabu, 29 April 2020 13:49 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Robertus Pudyanto/Getty Images
Bukan hanya dengan pebulutangkis Indonesia seperti Mohammad Ahsan, Hendra Setiawan juga pernah berpasangan dengan pemain Malaysia Tan Boon Heong. Copyright: © Robertus Pudyanto/Getty Images
Bukan hanya dengan pebulutangkis Indonesia seperti Mohammad Ahsan, Hendra Setiawan juga pernah berpasangan dengan pemain Malaysia Tan Boon Heong.

INDOSPORT.COM – Bukan hanya dengan pebulutangkis Indonesia seperti Mohammad Ahsan, Hendra Setiawan juga pernah berpasangan dengan pemain Malaysia Tan Boon Heong.

Sebelum akhirnya meraih banyak kesuksesan bersama Mohammad Ahsan di sektor ganda putra saat ini, Hendra Setiawan telah menempuh perjalanan panjang dalam kariernya di dunia bulutangkis.

Mulai dari mengawali karier di level senior bersama Markis Kido, hingga pengalaman berduet dengan pemain beda negara, asal Malaysia Tan Boon Heong.

Meski bukan satu-satunya pasangan beda negara di dunia bulutangkis, kebersamaan Hendra Setiawan dan Tan Boon Heong, tersebut jelas menjadi sesuatu yang menarik.

Sebab selain beda negara, keduanya juga merupakan pebulutangkis yang sudah punya cukup nama dan prestasi,sebelum akhirnya memutuskan berduet di sektor ganda putra. Usai Hendra Setiawan memutuskan untuk meninggalkan Pelatnas PBSI pada tahun 2017 silam.

Nama Tan Boon Heong diakui oleh Hendra Setiawan kala itu dipilih setelah menyisihkan pebulutangkis Korea Selatan Yoo Yeon Seong, dalam pertimbangan pribadinya. Selain juga karena kesulitannya mencari pasangan asal Indonesia yang tidak tergabung di Peltanas PBSI kala itu.

Prestasi Hendra Setiawan/Tan Boon Heong

Sebagai pasangan beda negara yang bertanding atas nama pribadi atau dengan biaya sendiri, cukup banyak turnamen yang kala itu diikuti Hendra Setiawan/Tan Boon Heong selama kebersamaannya di tahun 2017.

Di awali di Turnamen Syed Modi International pada akhir Januari, kala itu Hendra Setiawan/Tan Boon Heong cukup tampil lumayan dengan melaju hingga perempatfinal. Sebelum dikalahkan pasangan Denmark yang kemudian menjadi juara, Mathias Boe/Carsten Mogensen.

Sayang setelah debut yang lumayan baik itu, Hendra Setiawan/Tan Boon Heong justru gagal tampil lebih meyakinkan d beberapa turnamen setelahnya. Saat mereka selalu tersingkir di putaran pertama atau kedua.

Baru kemudian di turnamen kesembilan yang mereka lalui sebagai pasangan ganda putera, Hendra Setiawan/Tan Boon Heong bisa Kembali berbicara banyak, melaju hingga semifinal di China Master 2017.

Namun di kompetisi yang berlangsung pada pertengahan April 2017 itu, Hendra Setiawan/Tan Boon Heong juga harus mengaku kalah dari pasangan yang kelak menjadi juara, Cheng Hung Ling/wang Chi-lin (Chinese Taipei).

Kembali gagal di putaran pertama atau kedua di turnamen selanjutnya, prestasi terbaik Hendra Setiawan/Tan Boon Heong kemudian terukir. Ketika mereka bisa melaju hingga final Australia Open 2017, sebelum kalah dari Takeshi Kamura/Keigo Sonoda asal Jepang.

Dengan total 18 turnamen yang mereka jalani bersama sepanjang tahun 2017, tak ada satupun gelar juara yang bisa didapat Hendra Setiawan/Tan Boon Heong sebagai pasangan beda negara.

Dengan turnamen terakhir di Hong Kong Open 2017, kebersamaan Hendra Setiawan/Tan Boon Heong pun tak berlanjut di tahun 2018, karena Hendra Setiawan juga memilih untuk Kembali ke Pelatnas PBSI.