Sebelum Putuskan Pensiun, Tontowi Ahmad Sempat Curhat ke Richard Mainaky

Senin, 18 Mei 2020 23:57 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Yohanes Ishak
© Robertus Pudyanto/Getty Images
Tontowi Ahmad di Indonesia Open 2019. Copyright: © Robertus Pudyanto/Getty Images
Tontowi Ahmad di Indonesia Open 2019.

INDOSPORT.COM – Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad ternyata melakukan konsultasi dengan pelatih ganda campuran PBSI, Richard Mainaky, sebelum memutuskan gantung raket.

Tontowi Ahmad secara mengejutkan mengumumkan untuk gantung raket dari dunia bulutangkis melalui akun Instagram pribadinya pada Senin (18/05/20) pagi WIB.

Sebagai salah satu orang di balik kisah sukses Tontowi Ahmad, Richard Mainaky mengaku tidak terlalu kaget dengan keputusan itu. Mainaky bahkan sudah menerima pesan via WhatsApp terkait keputusan Owi, panggilan akrab Tontowi, sebelum dia mengajukan surat pensiun ke PBSI.

“Sebetulnya sudah jauh-jauh hari kami diskusi panjang lebar sama Owi (Tontowi), saya bilang keputusan ada di tangan kamu, kalau sudah bulat keputusannya, segera ajukan ke PBSI,” kata Richard kepada Badmintonplanet.

“Tadi pagi dia kirim pesan di Whatsapp dan menunjukkan surat yang sudah disampaikan ke PBSI hari ini,” tandasnya.

Mainaky juga mengatakan sebelumnya Tontowi sempat berkunjung kerumahnya. Selain makan malam bersama keluarga Mainaky, Owi juga mengutarakan rencananya ke depan.

“Owi minta dimasakin ikan Tude bakar sama istri saya, memang itu kesukaan dia dari dulu. Sya sering bawain makanan ini ke pelatnas.”

Karier Tontowi Ahmad sendiri melambung saat berpasangan dengan Liliyana Natsir sejak 2010 silam. Hingga musim 2019, pasangan yang akrab disapa Owi/Butet itu mampu meraih dua juara dunia yakni pada 2013 dan 2017.

Tak hanya itu, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir menyabet hattrick gelar All England pada 2012-2014 dan sempat menempati posisi nomor satu dunia. Prestasi yang paling membanggakan ialah keduanya berhasil jadi juara Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil.