5 Atlet Bulutangkis Indonesia dengan Gelar All England Terbanyak

Selasa, 26 Mei 2020 21:27 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Indonesia selama berdekade-dekade dikenal sebagai salah satu negara dengan tradisi bulutangkis yang kuat. 

Bersama China dan Jepang, Indonesia selalu ada di jajaran teratas peraih medali juara. Salah satunya tentu saja di Kejauraan All England. 

Total, Indonesia telah mengumpulkan 45 gelar All England, mulai dari Tan Joe Hok pada tahun 1959 sampai Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan pada tahun 2019. 

Dari deretan 45 gelar itu, tercatatlah pemain-pemain dengan sumbangan gelar terbanyak. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Rudy Hartono

© allenglandbadminton
Legenda Bulutangkis, Rudy Hartono. Copyright: allenglandbadmintonLegenda Bulutangkis Indonesia, Rudy Hartono.

Rudy Hartono menjadi legenda bulutangkis tunggal putra di All England. Ia adalah pebulutangkis tunggal putra dengan gelar juara terbanyak di All England.

Total, delapan gelar berhasil dikumpulkan Rudy. Tujuh di antaranya secara beruntun (1968-1974) dan satu lagi pada 1976. Ia pun menjadi pebulutangkis Indonesia dengan gelar juara All England terbanyak. 

Rekor yang berhasil ditorehkan Rudy Hartono ini tercatat dalam guiness book of record sebagai pemain tunggal putra dengan gelar juara All England terbanyak.

2. Tjun Tjun/Johan Wahjudi

© https://bwfworldchampionships.bwfbadminton.com
Tjun Tjun dan Johan Wahjudi Copyright: https://bwfworldchampionships.bwfbadminton.comTjun Tjun dan Johan Wahjudi

Sektor ganda putra memang sudah dari dulu jadi kekuatan Indonesia. Di sektor ini saja sudah ada 21 gelar All England yang berhasil diraih. 

Pasangan terbanyak yang meraihnya tentu saja adalah Tjun Tjun/Johan Wahjudi. Pasangan ini total merengkuh enam gelar All England. Tjun/Johan meraihnya secara beruntun pada periode 1977-1980 dan 1974-1975. 

3. Susy Susanti

© Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Susy Susanti, legenda bulutangkis Indonesia. Copyright: Shintya Anya Maharani/INDOSPORTSusy Susanti, legenda bulutangkis Indonesia.

Siapa yang tak kenal Susy Susanti. Namanya tercatat dalam tinta emas bulutangkis putri Indonesia. 

Selain berjaya di Olimpiade dan Piala Uber, ia juga mencatatkan prestasi gemilang di All England. Susy adalah pemegang empat gelar All England. 

Empat gelar itu diraihnya di dua periode berbeda, yakni pada 1990-1991 dan 1993-1994. 

4. Liem Swie King

© S&G/PA Images via Getty Images
Liem Swie King di turnamen badminton All England. Copyright: S&G/PA Images via Getty ImagesLiem Swie King di turnamen badminton All England.

Liem Swie King menjadi sosok penerus yang sempurna bagi Rudy Hartono di All England. Di masa jayanya. Liem Swie King sukses meraih tiga gelar All England. 

Liem melanjutkan kesuksesan sektor tunggal putra milik Rudy Hartono dengan menjuarainya pada 1978, 1979, dan 1981. 

5. Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir

© Dimas Ramadhan Wicaksana/INDOSPORT
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir usai babak pertama Indonesia Masters 2019. Copyright: Dimas Ramadhan Wicaksana/INDOSPORTTontowi Ahmad/Liliyana Natsir usai babak pertama Indonesia Masters 2019.

Tak salah rasanya jika Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dijulukki sebagai legenda. Salah satu penyebabnya adalah tiga gelar juara All England yang berhasil direngkuh. 

Hebatnya, tiga gelar tersebut diraih secara beruntun yakni pada 2012-2014. Keberhasilan mereka menjuarai All England memutus dahaga gelar sektor ganda campuran Indonesia setelah terakhir kali juara pada 1979 silam melalui pasangan Christian Hadinata/Imelda Wiguna.