3 Wakil Indonesia Dikandaskan Tony Gunawan Usai Pindah ke Amerika Serikat

Selasa, 26 Mei 2020 13:47 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Nick Laham/Getty Images
Berikut ini ada 3 wakil Indonesia yang dikandaskan oleh pebulutangkis Tony Gunawan usai pindah warga negara ke Amerika Serikat. Copyright: © Nick Laham/Getty Images
Berikut ini ada 3 wakil Indonesia yang dikandaskan oleh pebulutangkis Tony Gunawan usai pindah warga negara ke Amerika Serikat.

INDOSPORT.COM - Berikut ini ada 3 wakil Indonesia yang dikandaskan oleh pebulutangkis Tony Gunawan usai pindah warga negara ke Amerika Serikat.

Tony Gunawan lahir di Surabaya, Jawa Timur, 9 April 1975 (kini berusia 45 tahun) dan memiliki postur tubuh hingga 175 cm. Dirinya memang menekuni dunia bulutangkis.

Karier internasional perdana di usia dewasa terjadi pada 1992 silam hingga 2001 kala masih menyandang status Warga Negara Indonesia (WNI).

Tandemnya kala itu ialah Candra Wijaya di nomor ganda. Tony Gunawan juga pernah dilatih oleh Christian Hadinata dan Herry Iman Pierngadi.

Berbagai gelar juara dan medali emas di banyak kompetisi bulutangkis internasional turut dipersembahkan Tony Gunawan untuk Indonesia.

Namun, siapa yang menduga kalau Tony Gunawan memilih pindah menjadi warga negara Amerika Serikat sejak 2001 hingga sampai saat ini.

Gunawan pun kini membeberkan alasan pindah dari Indonesia menjadi Amerika Serikat. Hal itu dituangkan lewat podcast bersama Hans-Kristian Vittinghus (pebulutangkis Denmark).

"Sebenarnya itu bukan alasan utama saya pindah ke Amerika Serikat karena tak ada lagi yang lebih tinggi dari memenangkan Olimpiade dan Kejuaraan Dunia di bulutangkis," tutur Gunawan.

Lebih lanjut, Tony Gunawan menjelaskan kalau dirinya ingin mengejar karier di bidang lain. Karena dirinya kembali sekolah untuk belajar computer engineering.

Meski demikian Tony Gunawan tak bisa jauh dari dunia bulutangkis. Buktinya pria 45 tahun itu kembali ke tepok bulu saat masih aktif bermain dulu.

"Soalnya ketika saya ikut turnamen selama seminggu, saya harus absen sekolah seminggu juga," tutur Gunawan, yang menjelaskan kalau sekolahnya ditinggalkan.

Meski saat ini telah pensiun dari dunia bulutangkis, tetapi ada hal menarik yang bisa dicermati bersama oleh para penggemar bulutangkis nasional.

Pasalnya, usai menjai bagian dari Amerika Serikat, Tony Gunawan ternyata sempat mengalahkan beberapa wakil Indonesia di laga final.

Lantas siapa saja wakil Indonesia yang sempat dikandaskan Tony Gunawan usai menjadi warga negara Amerika Serikat di nomor ganda? Simak.

1. Devin Lahardi/Vita Marissa

© Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Vita Marissa mengembalikan shuttle cock ke arah pasangan Shinta Mulia Sari dan Lei Yao dari Singapura. Vita/Shendy kalah dengan angka 22-20, 7-21, 25-23 setelah tiga set yang berlangsung seru pada pertandingan BCA Indonesia Open 2014 (19/06/14).  Copyright: Ratno Prasetyo/INDOSPORTVita Marissa mengembalikan shuttle cock ke arah pasangan Shinta Mulia Sari dan Lei Yao dari Singapura. Vita/Shendy kalah dengan angka 22-20, 7-21, 25-23 setelah tiga set yang berlangsung seru pada pertandingan BCA Indonesia Open 2014 (19/06/14).

Di sektor ganda campuran, Tony Gunawan sempat berpasangan dengan wakil Chinese Taipei Cheng Wen-hsing untuk turnamen Chinese Taipei Open 2005.

Meski disebut pasangan gado-gado (istilah beda negara), tetapi Tony Gunawan/Cheng Wen-hsing turut mengalahkan wakil Indonesia dalam sosok Devin Lahardi/Vita Marissa.

Di pertandingan final, Gunawan/Wen-hsing mampu membenamkan Lahardi/Marissa dengan skor 17-15 dan 15-6. Gunawan/Wen-hsing pun berhak meraih medali emas.

2. Candra Wijaya/Sigit Budiarto

© Nicolas Asfouri/AFP via Getty Images
Legenda pebulutangkis ganda putra Indonesia Candra Wijaya/Sigit Budiarto di IBF World Championship, 3 Agustus 2003. Copyright: Nicolas Asfouri/AFP via Getty ImagesLegenda pebulutangkis ganda putra Indonesia Candra Wijaya/Sigit Budiarto di IBF World Championship, 3 Agustus 2003.

Selanjutnya ada wakil Indonesia lainnya dalam sosok Candra Wijaya/Sigit Budiarto yang juga sempat melawan Tony Gunawan di pertandingan final.

Pada ajang IBF World Championships 2005, Tony Gunawan berpasangan dengan sesama wakil Amerika Serikat, yakni Howard Bach. Beragam laga sukses dilewati dengan mudah.

Hingga di laga puncak, Gunawan/Bach harus mengalahkan Candra/Sigit dalam tiga babak penuh, yakni 15-11, 10-15, dan 15-11. Terlebih, Gunawan sempat berpasangan dengan Candra.

3. Markis Kido/Hendra Setiawan

© Lars Baron/Getty Images
Markis Kido/Hendra Setiawan saat mendapat medali emas Olimpiade Beijing 2008. Copyright: Lars Baron/Getty ImagesGanda putra Indonesia Markis Kido/Hendra Setiawan saat mendapat medali emas Olimpiade Beijing 2008.

Terakhir Tony Gunawan sempat berpasangan lagi dengan Candra Wijaya kala mengikuti kompetisi Indonesia Open 2006 silam. Keduanya pun disebut duet gado-gado.

Kala itu (14 tahun lalu), di pertandingan final, Gunawan/Wijaya harus bersua dengan sesama wakil Indonesia dalam sosok Markis Kido/Hendra Setiawan.

Meski mendapat perlawan sengit, Gunawan/Wijaya sukses mengandaskan Markis/Hendra dengan skor 21-17 dan 21-16 alias dua gim langsung kala itu.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
33%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
67%