Tony Gunawan Blak-blakan soal Alasan Pindah Jadi Warga Negara AS

Senin, 25 Mei 2020 19:46 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Wally Skalij/Los Angeles Times via Getty Images
Tony Gunawan, mantan atlet bulutangkis. Copyright: © Wally Skalij/Los Angeles Times via Getty Images
Tony Gunawan, mantan atlet bulutangkis.

INDOSPORT.COMTony Gunawan adalah salah satu pemain legenda Indonesia yang telah menyumbangkan emas Olimpiade 2000 bersama Candra Wijaya.

Namun usai memenangkan Olimpiade, Tony membuat keputusan mengejutkan, yakni meninggalkan Indonesia untuk menetap di Amerika Serikat.

Dalam sebuah podcast bersama pebulutangkis Denmark, Hans-Kristian Vittinghus, bertajuk A Year on Tour with Vittinghus, Tony pun buka-bukaan soal alasannya pindah ke Negeri Paman Sam.

Pria kelahiran Surabaya itu mengatakan pada awalnya tak ada faktor bulutangkis dalam memutuskan untuk hijrah dari Tanah Air.

“Sebenarnya itu bukan alasan utama saya pindah ke AS karena tak ada lagi yang lebih tinggi dari memenangkan Olimpiade dan Kejuaraan Dunia di bulutangkis,” buka Tony.

“Jadi saya pindah ke AS untuk mengejar karier lain. Saya kembali ke sekolah untuk belajar computer engineering selama dua tahun.”

Namun rupanya Tony tak bisa jauh-jauh dari dunia tepok bulu. “Lalu saya menjadi juara dunia, jadi saya menunda waktu studi selama dua bulan untuk persiapan jelang Kejuaraan Dunia. Saya latihan lagi setiap pagi sendiri.”

“Setelah itu ikut turnamen sana-sini dan akhirnya saya tak bisa lepas dari karier di bulutangkis. Jadi saya kembali menjadi pemain lagi dan harus dropout dari sekolah,” tuturnya.

Tony pun mengakui pada akhirnya ia tak mendapatkan gelar dari jurusan itu. “Soalnya ketika saya ikut turnamen selama seminggu, saya harus absen sekolah seminggu juga.”

Masih bertaji, Tony Gunawan pun melanjutkan karier bulutangkisnya mewakili AS. Pada saat itu, ia berpasangan dengan Howard Bach.

IDS Emoticon Suka
Suka
6%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
8%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
37%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
5%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
3%
IDS Emoticon Marah
Marah
40%